Libur Natal, 79.272 Penumpang Turun di Stasiun Jateng, Kebanyakan dari Kota-kota Besar

Libur Natal, 79.272 Penumpang Turun di Stasiun Jateng, Kebanyakan dari Kota-kota Besar

Ilustrasi jumlah penumpang turun di stasiun Jateng wilayah Daop IV Semarang--

RADAR TEGAL - Puluhan ribu penumpang tercatat turun di sejumlah stasiun di Jawa Tengah (Jateng). Pada penumpang tersebut didominasi warga dari kota-kota besar yang akan menikmati libur Natal tahun ini.

Dari data PT KAI Daop IV Semarang, pada periode angkutan Natal pada Kamis-Sabtu, 21-23 Desember 2023, tercatat sudah ada 79.272 penumpang yang turun di Stasiun di Jateng wilayah Daop 4 Semarang. Jumlah penumpang yang turun tertinggi terjadi pada Sabtu 23 Desember 2023.

Menurut Humas PT KAI Daop IV Franoto Wibowo mengatakan pada hari itu, jumlah penumpang yang turun di sejumlah stasiun di Jateng mencapai 29.538. Mereka didominasi dari kota-kota besar.

"Pada tiga hari tersebut, penumpang turun di stasiun Jateng wilayah Daop IV, tertinggi terjadi pada Sabtu sebanyak 29.538 penumpang. Mereka didominasi oleh penumpang asal Jakarta, Surabaya, dan Bandung,”jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan, Ini Diskon Tiket Kereta Api 25% Jelang Nataru Beserta Syaratnya

Sedangkan untuk penumpang naik, kata Franoto, terdapat 77.000 penumpang yang meninggalkan wilayah Daop 4 Semarang menggunakan kereta api. Penumpang naik tertinggi selama periode tersebut, terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 25.275 penumpang.

"Dilanjutkan Stasiun Semarang Poncol 23.554 penumpang, Tegal 9.038 penumpang. Serta Stasiun Pekalongan sebanyak 6.529 penumpang,”tambahnya.

Franoto mengungkapkan, di wilayah Daop 4 Semarang tiket kereta api untuk periode libur nataru masih tersedia cukup banyak. Okupansi masih berkisar 57 persen dari 361.248 tiket yang disediakan hingga Minggu 24 Desember 2023.

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Kami menyarankan kepada masyarakat yang akan berlibur segera memesan tiket, karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,”ujar Franoto.

BACA JUGA:Hanya 2 Hari, Promo 12.12 Pembelian Tiket Kereta Api, Ada Diskon Sebesar Ini

Selain penumpang turun di stasiun Jateng, Franoto juga mengungkapkan kondisi kepadatan lalu lintas. Utamanya, di sekitar dan menuju ke Stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang.

Menurutnya, arus di lokasi tersebut mengalami peningkatan. Karenanya, perlu di antisipasi calon penumpang KA.

"Kami menghimbau agar calon penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta, dapat mengalokasikan waktunya dengan baik. Agar tidak ketinggalan kereta,"terangnya. 

Franoto menambahkan, pihaknya juga terus mengimbau masyarakat agar meningkatkan disiplin berlalu lintas. Utamanya, saat melintasi perlintasan sebidang kereta api, baik yang dilengkapi palang pintu maupun tidak. 

Sumber: