13 Perempuan Inspiratif Kabupaten Tegal Raih Penghargaan, Bupati: Jasa-jasanya Luar Biasa

13 Perempuan Inspiratif Kabupaten Tegal Raih Penghargaan, Bupati: Jasa-jasanya Luar Biasa

PENGHARGAAN- Bupati Tegal Umi Azizah, Selasa 18 Desember 2023 memberikan anugerah penghargaan kepada 13 perempuan inspiratif Kabupaten Tegal. -Istimewa-radartegal.disway.id

BACA JUGA:Kekerasan Perempuan Masih Tinggi, DP3KB Lakukan Pencegahan di Tempat Kerja

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada beliau para tokoh perempuan inspiratif Kabupaten Tegal atas jasa-jasanya yang luar biasa,” ucap Umi.

Sehingga peringatan Hari Ibu ini diharapkan bisa memacu semangat, mendorong seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas dalam memberikan perhatian dan pengakuan akan eksistensi peran perempuan di berbagai sektor pembangunan.

Selain itu, disinggung pula soal pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Umi mengaku sangat mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan kaum perempuan. Terutama dalam hal pemanfaatan teknologi internet dan platform digital untuk membangun usaha ekonomi produktif dan ekonomi kreatifnya.

Sebab, kian terbukanya aksesibilitas bagi perempuan ke sumber daya ekonomi akan menjamin terangkatnya derajat perempuan. Hal itu juga untuk menjaga resiliensi, pemerataan hingga pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

BACA JUGA:Permudah Warga Lapor Kekerasan Pada Perempuan dan Anak, Pemprov Jateng Aktifkan Layanan SAPA 129

Disinggung pula soal kekerasan berbasis jender yang membayangi kehidupan perempuan, sehingga perlu komitmen dan upaya untuk menciptakan ruang yang aman bagi perempuan dan anak.

“Kita harus sama-sama mendorong berbagai upaya untuk menurunkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik di lingkungan rumah tangga maupun lingkungan luar. Termasuk di dunia siber, di mana harus ada penguatan literasi digital dan pendidikan etika bagi perempuan saat berinteraksi di media sosial maupun pesan percakapan. Di sini, perempuan paling rentan mengalami pelecehan dan kekerasan seksual,” ujarnya.

Di sisi lain juga perlu meningkatkan keberanian korban untuk berani melapor, meningkatkan kesadaran perempuan untuk tidak serta merta menerima segala bentuk kekerasan baik verbal maupun fisik yang dialaminya.

Adapun resepsi peringatan Hari Ibu ke-59 ini dimeriahkan berbagai hiburan seperti tari jaranan, tari topeng endel, jingle Jo Kawin Bocah dan kampanye program unggulan perlindungan perempuan dan anak. 

Demikian informasi terkait penghargaan perempuan inspiratif Kabupaten Tegal. Semoga menginspirasi. (*)

Sumber: