5 Tips Sebelum Menggunakan Layanan Pinjol, Nomer 3 Sering Diabaikan

5 Tips Sebelum Menggunakan Layanan Pinjol, Nomer 3 Sering Diabaikan

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Layanan Pinjol--

RADAR TEGAL – Belakangan ini banyak kasus pemberitaan mengenai seorang nasabah bunuh diri gara-gara tidak sanggup diteror oleh debt collector (DC). Berikut ini hal yang perlu Anda perhatikan atau tips sebelum menggunakan layanan pinjol.

Apabila Anda memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman melalui layanan pinjaman online, maka tips sebelum menggunakan layanan pinjol ini wajib banget disimak. Karena di dalamnya akan mengulas tentang hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mengajukan pinjol.

Dengan tips sebelum menggunakan layanan pinjol tersebut, harapannya Anda tidak terkena masalah di kemudian hari terkait pinjamannya. Termasuk, gagal bayar karena kurang memperhatikan hal penting sebelum mengajukan pinjaman.

Selain itu, jangan sampai Anda tergiur dengan layanan pinjol ilegal karena hanya akan membuat Anda semakin rumit. Karenanya, simak tips sebelum menggunakan layanan pinjol ini sampai akhir tulisan.

BACA JUGA: Aturan Kontrak Pinjol Legal Terbaru, Apa Benar OJK Bikin Keamanan Data Pengguna Semakin Kuat?

Tips sebelum menggunakan layanan pinjol

1. Pilih Layanan Pinjol Legal OJK

Tahukah Anda bahwa hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengajukan layanan pinjol yakni periksa terlebih dahulu status perusahaan pinjol tersebut. Dengan Anda memeriksanya, maka Anda bisa mengetahui apakah pinjol yang Anda gunakan legal dan terdaftar di OJK atau bahkan masih ilega.

Anda bisa mengeceknya langsung melalui kontak OJK (157) atau melalui situs resmi OJK.

2. Baca Syarat dan Ketentuan sebelum Mengajukan Pinjol

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, maka ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan pinjol yang sudah berlaku. Dengan begitu, maka bermanfaat untuk Anda supaya terhindar dari kerugian personal yang ditimbulkan dari kelalaian Anda sebagai nasabah.

Apabila tersebat syarat dan ketentuan yang sepertinya akan merugikan Anda,  maka Anda harus memikirkannya lebih matang lagi, ya. Jangan sampai Anda tergiur karena sedang membutuhkan dana cepat.

BACA JUGA: Jangan Panik! 5 Cara Mengusir DC Pinjol yang Menagih di Malam Hari Ini Sangat Ampuh Dipraktikan

3. Pinjam Pinjol Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Tips sebelum mengajukan layanan pinjol berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda terlebih dahulu. Jadi, pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar, ya.

Jangan sampai Anda tergiur dengan limit besar hingga Anda kalap meminjam uang di luar kemampuan finansial Anda. Apabila Anda sudah terlanjut begitu, maka Anda harus siap dalam mendapat pesan atau telepon pengingat dari DC apabila Anda telat dalam melakukan pembayaran.

4. Perhatikan Bunga dan Denda Pinjol

Selanjutnya, tips sebelum mengajukan layanan pinjol adalah pastikan Anda memerhatikan ketentuan bunga dan denda sebelum mengajukan pinjaman online, ya. Hal ini penting untuk Anda lakukan supaya tidak kewalahan dalam membayar tunggakan.

Dengan bunga dan denda pinjol yang besar tentu akan menyulitkan Anda ketika Anda mengalami kendala dalam melakukan pembayaran tepat waktu. Jadi, semakin tinggi bunga dan denda, maka akan semakin tinggi juga tunggakan yang harus Anda bayar.

BACA JUGA: Pinjol Legal 2023 Apa Saja? Inilah 6 Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah Resmi OJK

5. Baca Kesepakatan atau Kontrak Perjanjian dengan Teliti

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan yakni harus membaca kesepakatan atau kontrak perjanjian dengan seksama sebelum deal mengajukan pinjaman. Hal tersebut penting Anda lakukan supaya dapat memahami sanksi atau konsekuensi apabila Anda melanggar kesepakatan.

Apabila terdapat perjanjian yang dirasa janggal atau berpotensi merugikan Anda, lebih baik batalkan saja daripada Anda mengelami kesulitan di kemudian hari.Tahukah Anda mengajukan pinjaman lewat penyedia layanan pinjol memang tidak ada salahnya selagi mampu membayarnya.

Akan tetapi, jangan sampai karena butuh dana cepat, kamu jadi terjebak di dalam lingkaran pinjol ilegal. Anda perlu perhatikan dulu hal-hal krusial di atas sebelum mengajukan pinjaman agar kamu tidak kehilangan banyak uang gara-gara tak teliti dalam memilih platform pinjol.

BACA JUGA: Jangan Takut, Ini Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Bikin Hidup Jadi Tenang

Demikian ulasan mengenai tips sebelum menggunakan layanan pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: