Jangan Panik! 5 Cara Mengusir DC Pinjol yang Menagih di Malam Hari Ini Sangat Ampuh Dipraktikan

Jangan Panik! 5 Cara Mengusir DC Pinjol yang Menagih di Malam Hari Ini Sangat Ampuh Dipraktikan

DC PINJOL - Ada beberapa cara mengusir dc pinjol yang bisa Anda terapkan dan efektif untuk dipraktikan, karena sesuai aturan.--

RADAR TEGAL - Keberadaan debt collector (dc) pinjaman online (pinjol) menjadi salah satu fenomena yang kerap menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Itulah sebabnya banyak nasabah yang mencari-cari cara mengusir dc pinjol yang efektif.

Pasalnya meski sudah diatur, para penagih utang tersebut ternyata masih seringkali melakukan penagihan secara agresif dan intimidatif. Bahkan mereka tak segan-segan mendatangi rumah nasabahnya di malam hari.

Berdasarkan Peraturan OJK No.77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, debt collector pinjol hanya dibolehkan menagihan pada jam kerja. Yaitu pukul 08.00-18.00 WIB.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara mengusir dc pinjol yang datang melakukan penagihan di malam hari. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat dapat melindungi dirinya dari tindakan-tindakan intimidatif mereka.

BACA JUGA: 4 Syarat DC Pinjol Bisa Datang ke Rumah Nasabah, Nomor 4 Wajib Dimiliki dan Dibawa Penagih Utang

Nah, di bawah ini terdapat cara-cara yang paling efektif untuk menghadapi para penagih utang, yang melakukan penagihan di malam hari. Cara-cara ini bisa dilakukan dan sesuai dengan aturan, sehingga tidak akan terindikasi melanggarnya.

Cara-cara tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kendalikan Emosi 

Saat DC pinjol datang malam-malam, hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan mengendalikan emosi. Hal ini dikarenakan DC pinjol seringkali memanfaatkan emosi nasabah untuk mendapatkan keuntungan.

Jika Anda merasa emosi, sebaiknya tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk berpikir jernih. Hindari untuk berdebat atau terlibat dalam adu mulut, sebagai salah satu cara mengusir dc pinjol.

2. Pastikan Keabsahan Identitas DC Pinjol

Sebelum berbicara dengan debt collector pinjol, pastikan untuk memeriksa identitas mereka terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mereka benar-benar debt collector dari perusahaan pinjol yang bersangkutan.

BACA JUGA: Cara Melaporkan DC Pinjol yang Lakukan Kekerasan ke Nasabah, Sekarang Bisa Juga Lapor ke Media Massa

DC pinjol yang legal harus memiliki identitas yang jelas, yaitu kartu tanda pengenal (KTP) dan surat perintah penagihan. Jika debt collector tersebut tidak memiliki identitas yang jelas, Anda berhak untuk menolak berbicara dengan mereka.

Sumber: