Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini?

Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini?

Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini? -desain by writer-freepik.com

RADAR TEGAL - Utang pada pinjol ilegal seringkali menajdi alternatif karena menawarkan limit yang tinggi. Apakah Anda juga salah satu pengguna aplikasi pinjol? Maka Anda harus mengetahui dampak paling merugikan dari utang pinjol ilegal.

Mereka cenderung menawarkan pinjaman dengan limit yang tinggi tetapi menyembunyikan biaya lainnya yang akan membengkak ketika proses pembayaran. Dampak dari utang di pinjol ilegal juga tidak hanya menyerang materi hingga psikis nasabahnya dengan adanya intimidasi.

Anda harus mengetahui dengan jelas dampak paling merugikan dari utang pinjol ilegal agar tidak terjebak dalam situasi sulit. Seringkali mereka yang meminjam di pinjol ilegal tidak memikirkan dampak dan kemampuan membayar sehingga langsung mengambil keputusan.

Setidaknya, dengan mengetahui dampak paling merugikan dari pinjol ilegal membuat Anda sadar untuk tidak melakukan pinjaman pada aplikasi pinjol ilegal. Berhati-hatilah sebelum mengajukan pinjaman dan selalu periksa apakah aplikasi pinjol terdaftar di OJK.

BACA JUGA:Menghapus Akun Pinjol Apakah Aman dan Efektif dari Incaran DC Lapangan?

Kekurangan aplikasi pinjol ilegal

Berikut adalah beberapa kekurangan meminjam uang di aplikasi pinjol ilegal:

  • Bunga dan Biaya yang Tinggi

Pinjol ilegal biasanya mengenakan bunga dan biaya yang sangat tinggi meski diimbangi dengan limit yang tinggi. Bunga yang dikenakan bisa mencapai 30% per bulan, bahkan lebih tergantung dari kebijakan pinjol ilegal. 

Biaya-biaya lain yang biasanya dikenakan oleh pinjol ilegal antara lain biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya denda keterlambatan. Biaya tersebut biasanya akan muncul pada saat proses jatuh tempo.

  • Proses Penagihan yang Agresif

Pinjol ilegal biasanya menggunakan proses penagihan yang agresif kepada para nasabahnya. Debt collector pinjol ilegal sering kali melakukan penagihan dengan cara yang tidak pantas, seperti meneror nasabah melalui telepon, SMS, atau WhatsApp. 

BACA JUGA:Hati-hati Ini Daftar Pinjol yang Ada DC Lapangan, Jangan Sampai Gagal Bayar

Bahkan, debt collector pinjol ilegal juga tidak segan-segan untuk melakukan tindakan kekerasan. Mereka cenderung tidak peduli bagaimana alasan dari nasabah mengapa mengalami keterlambatan dalam melunasi utang pinjol.

  • Kebocoran Data Pribadi

Pinjol ilegal sering kali meminta data pribadi nasabah secara berlebihan seperti KTP, fotokopi KK, foto selfie, dan nomor rekening. Data pribadi tersebut dapat disalahgunakan oleh pinjol ilegal, misalnya untuk melakukan pemalsuan identitas atau penipuan.

  • Penyelesaian Sengketa yang Sulit

Jika terjadi sengketa antara nasabah dan pinjol ilegal, proses penyelesaiannya akan sangat sulit. Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki kantor atau alamat yang jelas, sehingga sulit untuk dihubungi. 

Sumber: