Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini?

Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini?

Pahami Dampak Paling Merugikan dari Utang Pinjol Ilegal, Masih Berani Pengajuan Setelah Baca Ini? -desain by writer-freepik.com

Selain itu, pinjol ilegal juga tidak terdaftar di OJK, sehingga tidak ada lembaga yang dapat menyelesaikan sengketa tersebut. Sudahkan Anda bayangkan betapa menyeramkannya memiliki masalah dengan pinjol ilegal?

BACA JUGA:Apakah Benar Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar? Cek Faktanya

Dampak paling merugikan dari pinjol ilegal

Jika Anda masih ingin melanjutkan untuk meminjam uang di pinjol illegal maka Anda harus membaca dampak paling merugikan yang akan Anda alami. Hal ini akan terjadi jika Anda menggunakan pinjol ilegal diantaranya:

  • Kebangkrutan

Bunga dan biaya yang tinggi dari pinjol ilegal dapat membuat cicilan menjadi sangat membengkak. Jika nasabah tidak mampu membayar cicilan tersebut, maka ia akan terjerat utang yang semakin besar setiap harinya.

  • Tekanan Psikologis

Proses penagihan yang agresif dari pinjol ilegal dapat menyebabkan tekanan psikologis yang berat bagi nasabah. Nasabah akan merasa tertekan dan ketakutan karena terus-menerus diteror, diancam dan intimidasi oleh debt collector.

  • Dampak Sosial

Kebangkrutan dan tekanan psikologis yang dialami oleh nasabah pinjol ilegal dapat berdampak negatif pada kehidupan sosial nasabah. Nasabah dapat kehilangan pekerjaan, hubungan dengan keluarga dan teman-temannya menjadi renggang, bahkan dapat sampai terjerumus ke dalam tindak kriminal.

BACA JUGA:Ketahui Daftar Pinjol yang Diblokir OJK supaya Tidak Tertipu Layanan Pinjol Ilegal

Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari pinjaman online ilegal. Jika Anda membutuhkan pinjaman, sebaiknya pilihlah pinjaman online yang resmi dan terdaftar di OJK. 

Anda dapat memilih perusahaan pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK. Pinjaman online resmi biasanya menawarkan bunga dan biaya yang lebih rendah, serta proses penagihan yang sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Tips menghindari pinjol ilegal

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari pinjaman online ilegal yang dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan diantaranya:

  • Jangan Mudah Tergiur dengan Pinjaman Mudah dan Cepat Cair

Pinjaman online ilegal biasanya menawarkan pinjaman dengan proses yang mudah dan cepat cair. Namun, Anda harus berhati-hati dengan tawaran tersebut dan pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA:7 Daftar Pinjol Syariah Tanpa Riba, Solusi Finansial yang Transparan dan Sesuai Syariah

  • Cek Apakah Pinjol Terdaftar di OJK

Pinjaman online yang resmi akan terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat mengecek daftar pinjol resmi di website OJK untuk memastikannya.

  • Jangan Memberikan Data Pribadi Berlebihan

Sumber: