Jangan Panik, Begini Cara Membersihkan BI Checking agar Bisa Mengajukan Pinjaman Lagi

Jangan Panik, Begini Cara Membersihkan BI Checking agar Bisa Mengajukan Pinjaman Lagi

Cara Membersihkan BI Checking --

3. Melakukan Pemantauan

Jika kamu telah melakukan beberapa cara diatas, lakukan kembali pengecekan skor kredit. Jika ternyata tidak berubah, maka kamu bisa melakukan komplain ke bank yang terkait.

4. Membawa Surat Keterangan Lunas Hutang

Setelah utang sudah lunas, kamu bisa meminta surat keterangan sebagai bukti. Nantinya kamu bisa membawa surat tersebut ke kantor OJK untuk dijadikan bukti bahwa kamu suah melunasi utang yang tersisa. 

Setelah sudah jelas bahwa kamu telah melunasi semua utang yang ada. OJK akan melakukan pembaruan skor kredit kamu di SID.

BACA JUGA:Cara Aman Galbay Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Tahu, Solusi Mudah untuk Lepas dari Jeratan Hutang

Gagal bayar memang bisa menyebabkan beberapa kerugian yang diterima nasabah. Salah satunya adalah skor kredit yang buruk hingga datangnya DC ke rumah untuk menagih.

Selain mengetahui bagaimana cara membersihkan BI checking agar bisa kembali meminjam, kamu juga perlu tau cara agar BI checking tetap aman. Cara ini juga berfungsi untuk menjaga nama baik kamu.

Cara yang pertama, kamu bisa membayar cicilan sebelum jatuh tempo agar tidak ada keterlambatan dalam membayar. Selain itu, kamu bisa mengambil pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar sebagai nasabah.

Pinjaman online memang memudahkan masyarakat dan menjadi solusi masalah keuangan. Namun, terdapat beberapa resiko yang akan diterima jika kamu mengalami gagal bayar pinjol.

BACA JUGA:Anti Ribet, Ini Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Foto Selfie KTP dengan Bunga Rendah

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari gagal bayar dengan membayar sebelum jatuh tempo. Jika terlambat membayar tagihan, maka akan ada biaya keterlambatan yang membuat nominal tagihan semakin meninggi.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan BI checking. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: