Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal, Benarkah Hapus Aplikasi Langsung Beres?

Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal, Benarkah Hapus Aplikasi Langsung Beres?

Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal-desain by writer-freepik.com/storyset

Jika Anda menerima pesan spam dari aplikasi pinjaman online yang sempat atau sedang Anda gunakan maka segera laporkan ke pihak Whatsapp. Laporan tersebut cukup mudah dilakukan hanya dengan klik blokir atau laporkan langsung dengan alasan SPAM.

BACA JUGA:17 Aplikasi Pinjol Diblokir Google, Begini Penjelasannya

  • Melunasi utang pinjol

Jika langkah di atas sudah dilakukan maka Anda bisa melunasi utang pinjol atau bicarakan pada pihak penagih kapan Anda akan melunasinya. Anda juga bisa melaporkan ke pihak OJK terkait tindak penagihan yang tdiak sesuai etika penagihan.

Namun jika kasusnya terjadi pada pinjol ilegal maka Anda tidak harus melunasi utang pinjol jika terjadi penambahan biaya diluar kesepakatan. Anda juga bisa melaporkan ke pihak terkait yang memiliki wewenang untuk menindaklanjuti pinjol ilegal.

  • Menghapus data aplikasi pinjol ilegal

Jika Anda sudah melakukan pelunasan, bernegosiasi dan melakukan hal-hal yang Anda bisa untuk melunasi utang pinjol. Namun masih mendapatkan teror maka Anda bisa menghapus aplikasi pinjol ilegal tersebut.

Setelah menghapus aplikasi pinjol ilegal Anda bisa menghaspus data-data aplikasi tersebut jika masih tersisa di ponsel Anda. Bersihkan ponsel Anda dari data-data yang mencurigakan yang ada di telepon Anda.

BACA JUGA:Hati-hati Teror Pinjol Ilegal Menjelang Libur Nataru 2023

Dengan demikian, itulan beberapa cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal yang bisa Anda lakukan sendiri dari rumah. Semoga bermanfaat! (*)

Sumber: