Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal, Benarkah Hapus Aplikasi Langsung Beres?

Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal, Benarkah Hapus Aplikasi Langsung Beres?

Cara Lindungi Kontak Telepon dari Teror Pinjol Ilegal-desain by writer-freepik.com/storyset

RADAR TEGAL - Apakah Anda salah satu pengguna aplikasi pinjaman online? Baik pinjol legal ataupun ilegal, keduanya memiliki resiko. Namun yang paling sering terjadi adalah teror dari aplikasi pinjol ilegal, kira-kira bagaimana cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal?

Teror yang terjadi sangat mengganggu karena biasanya pinjol ilegal menggunakan data-data untuk menagih secara sadis ke nasabah dan kerabat terdekatnya. Dengan begitu, cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal tentu sangat penting untuk diketahui.

Pinjol ilegal tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga mereka cenderung menciptakan aturan sendiri yang akan merugikan nasabahnya. Mulai dari biaya tersembunyi hingga teror tidak jelas yang datang terus menerus.

Dengan mengetahui cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal akan membuat kenyamanan dan ketenangan hidup terjamin. Tidak hanya menghapus aplikasinya saja, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk terbebas dari pinjol ilegal.

BACA JUGA: Kenali 7 Ciri Joki Pinjol yang Tidak Aman Ini agar Tidak Kena Trik Penipuannya

Cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal

Belakangan ini serangan terhadap ponsel korban pinjol ilegal memang marak terjadi, bahkan pemilik ponsel cenderung tidak sadar sedang disadap. Berikut ini beberapa cara lindungi kontak pinjol diantaranya:

  • Tidak memberikan izin akses kontak

Saat menginstal aplikasi pinjol, biasanya mereka meminta izin utuk akses kontak. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan permintaan tersebut maka Anda bisa mencegah aplikasi pinjol tersebut mengakses dan mengumpulkan data.

Namun apabila sudah terlanjur memberikan izin, maka Anda dapat membatalkannya di pengaturan telepon Anda. Anda bsia menonaktifkan izin akses apliaksi pinjol tersebut ke kontak telepon Anda.

  • Memeriksa pengaturan privasi whatsapp

Aplikasi whatsapp memiliki pengaturan pruvasi yang memungkinkan untuk mengendalikan siapa saja yang dapat melihat informasi kontak. Anda dapat memilih hanya memberikan informasi kontak kepada orang-orang pilihan saja.

BACA JUGA:Dapat Pesan Whatsapp Pinjol Ilegal dari Nomor Misterius Harus Dibalas atau Mending Jangan?

Dengan demikian, Anda menutup akses untuk pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengetahui data Anda. Langkah ini dapat Anda ambil sebagai langkah pencegahan ataupun langkah jika Anda sudah mulai mendapatkan teror dari pinjol ilegal.

  • Aktifkan verifikasi dua langkah pada whatsapp

Dengan melakukan verifikasi dua langkah maka Anda akan memasukkan PIN khusus yang hanya Anda saja yang tahu. PIN ini digunakan ketika mencoba untuk melakukan verifikasi nomor whatsapp di perangkat baru atau login ulang.

  • Hati-hati dengan tautan yang diterima

Jika Anda sudah mulai mendapatkan teror dari pinjol ilegal, maka cara lindungi kontak telepon dari teror pinjol ilegal selanjutnya adalah berhati-hati pada tautan yang Anda terima. Jika ada sumber yang tidak dikenal mengirimi Anda link mencurigakan maka jangan mengklik link tersebut.

  • Laporkan spam dan penyalahgunaan

Sumber: