Moms, Yuk Kenali Kandungan Skincare Aman Untuk Ibu Menyusui Agar Si Kecil Tetap Sehat

Moms, Yuk Kenali Kandungan Skincare Aman Untuk Ibu Menyusui Agar Si Kecil Tetap Sehat

kandungan skincare aman untuk ibu menyusui-unplash.com-unplash.com

RADAR TEGAL - Para ibu harus tahu apa saja kandungan skincare yang aman untuk ibu menyusui. Meski telah melewati masa kehamilan, para ibu harus tetap menjaga dari penggunaan skincare berlebihan.

Ada beberapa pantangan yang harus dilakukan untuk menjaga bayi tetap sehat. Karenanya, penting untuk mengetahui apa saja kandungan skincare aman untuk ibu menyusui agar kamu bisa tetap glowing dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya saat hamil kulit wajah menjadi lebih mudah gelap, berjerawat dan kering karena masalah hormonal yang biasa terjadi selama kehamilan. Untuk itu, perlu mengetahui kandungan skincare aman bagi ibu menyusui.

Banyak yang tidak melihat kandungan skincare yang digunakan. Padahal melihat kandungan skincare aman untuk ibu menyusui ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keamanan ibu dan bayi.

BACA JUGA:Kenali Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Simak berikut ini kandungan skincare yang aman digunakan meski sedang menyusui. Apa saja yah? Simak penjelasan berikut ini:

1. Tabir Surya

Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting untuk kesehatan kulit jangka panjang. Kamu dapat memilih tabir surya berbahan dasar mineral yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, kedua bahan ini secara umum diakui sebagai aman dan efektif oleh FDA.

2. Antibiotik Topikal

Untuk mengatasi jerawat tergantung pada tingkat keparahan jerawat, dokter mungkin merekomendasikan antibiotik topikal, seperti clindamycin. Namun efektivitas obat ini dapat ditingkatkan jika digunakan bersamaan dengan benzoyl peroxide.

3. Glycolic Acid

Glycolic acid dan bahan sejenisnya membantu mengurangi garis halus, mencerahkan kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi. Meskipun disarankan untuk tidak menggunakan kandungan ini dalam jumlah besar, umumnya kandungan ini aman dalam jumlah kecil bagi yang tengah menyusui.

BACA JUGA:5 Skincare Wajah Paling Ampuh untuk Cerahkan Kulit Seperti Orang Korea, Cek Selengkapnya

4. Vitamin E Oil

Seringkali, kekurangan nutrisi tertentu dapat menjadi penyebab berbagai masalah kulit, termasuk kekurangan vitamin E. Vitamin E yang merupakan vitamin larut lemak, memiliki kekuatan untuk meremajakan kulit dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Penggunaan minyak vitamin E selama menyusui dianggap aman karena dapat membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan nutrisi kulit, memberikan kelembapan, serta mencegah jerawat dan bekas luka.

5. Vitamin C

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas dalam tubuh, antioksidan topikal seperti vitamin C dapat digunakan dengan aman. Vitamin C membantu meningkatkan vitalitas kulit dengan melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga keberlanjutan kolagen.

6. Glycerin

Menjaga kelembapan kulit saat menyusui sangat penting, kandungan Glycerin akan membantu menjaga kulit tetap lembap, juga aman digunakan selama menyusui. Bahan ini termasuk salah satu bahan pelembap yang baik untuk digunakan oleh ibu menyusui.

BACA JUGA:Rekomendasi Skincare untuk Pria, Efektif Bikin Kulit Wajah Tetap Sehat dan Anti Kusam

7. Lactic Acid

Lactic acid tidak dianggap berisiko tinggi untuk digunakan sesekali pada kulit, baik saat hamil maupun menyusui, asalkan digunakan dalam jumlah kecil. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk melembutkan kulit, membuatnya lebih halus, dan memberikan kilau yang sehat.

8. Squalane

Kandungan ini adalah pelembap yang meniru minyak alami kulit, awalnya bahan ini berasal dari hati ikan hiu, dan sekarang umumnya dihasilkan dari bahan seperti tumbuhan, zaitun, atau tebu. Kandungan ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat digunakan dengan aman selama menyusui.

9. Cocoa Butter

Cocoa butter merupakan salah satu pelembap alami yang kaya akan asam lemak. Kandungan ini dapat menghidrasi kulit secara mendalam, menjadikannya pilihan yang baik untuk membantu melembapkan kulit.

10. Azelaic Acid

Bahan ini dapat membantu mengatasi melasma dan umumnya aman digunakan selama menyusui. Kandungan ini merupakan bahan alami yang ditemukan di berbagai tumbuhan dan ragi, kandungan ini dapat mengurangi produksi melanin, sehingga bermanfaat untuk kondisi seperti melasma.

BACA JUGA:Rajin Pakai Skincare Malah Bikin Wajah Kusam? Ini Ternyata Penyebabnya

Nah, itulah beberapa bahan atau kandungan skincare aman untuk ibu menyusui yang bisa kamu coba.(*)

 

Sumber: