Rajin Pakai Skincare Malah Bikin Wajah Kusam? Ini Ternyata Penyebabnya

Rajin Pakai Skincare Malah Bikin Wajah Kusam? Ini Ternyata Penyebabnya

Ilustrasi. Penyebab rajin pakai skincare malah bikin wajah makin kusam--Freepik

RADAR TEGAL- Seperti kita tahu menggunakan skincare adalah kebutuhan wajib untuk mengatasi permasalahan kulit di wajah seperti kusam, jerawat, komedo dan minyak berlebihan. Tapi ada juga rajin pakai skincare malah bikin wajah kusam, kok bisa yah?.

 

Penyebab wajah kusam seperti salah memakai produk skincare, debu, asap rokok, jarang double cleansing, salah cara menggunakan skincare. Mau tahu alasan rajin pakai skincare malah bikin wajah kusam? coba perhatikan alasan berikut ini, agar Kamu bisa menghindarinya dan mendapatkan kulit wajah yang putih bersih.

 

Mari simak penyebab rajin pakai skincare malah bikin wajah kusam. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber :

 

1. Tidak melakukan double cleansing dan menumpuknya sel kulit mati

 

Penyebab pertama rajin pakai skincare malah bikin wajah kusam adalah tidak menggunakan double cleansing. Double cleansing wajib digunakan sebelum menggunakan facial wash, karena dapat menghilangkan kotoran di wajah, mengangkat tumpukan sel kulit mati.

 

BACA JUGA:Manfaat Kopi Hijau untuk Diet, Ternyata Bisa Mengurangi Berat Badan Secara Alami

Selain itu wajah kusam juga bisa terjadi karena produk skincare tidak terserap oleh kulit secara maksimal. Hal yang harus Anda lakukan step by step skincare harus nunggu beberapa menit supaya benar- benar meresap.

 

2. Tidak memakai Sunscreen

 

Penyebab selanjutnya ialah tidak memakai Sunscreen sama sekali. Jika Anda sering beraktivitas diluar maupun di dalam ruangan memang diwajibkan untuk menggunakan sunscreen supaya terhindar paparan sinar matahari langsung.

 

Selain itu, jika Anda rajin menggunakan skincare tapi tidak tidak memakai Sunscreen rasanya percuma dan justru itu penyebab wajah kusam karena tidak terlindungi.

 

3. Asal memakai skincare tidak sesuai urutan

 

Aplikasi produk skincare tak hanya asal memakainya di wajah dan selesai. Itu adalah salah besar, penyebab kulit kusam setelah menggunakan skincare adalah Anda harus perhatikan urutan memakai skincare yang benar supaya hasilnya maksimal.

 

4. Kandungan skincare tidak cocok pada kulit

 

Sebelum menggunakan skincare harus diperhatikan kandungan yang di dalamnya, karena jika tidak cocok di kulit wajah justru bikin makin kusam dan tidak sesuai apa yang diinginkan.

BACA JUGA:Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik 2023 untuk Melembapkan dan Menghaluskan Wajah

 

5. Stres dan kurang istirahat

 

Meskipun Kamu rajin menggunakan skincare, namun jika pola hidup Kamu kurang istirahat ataupun stres bisa jadi penyebab kusam loh.

 

Hal itu terjadi karena tingkat kortisol yang naik akan membuat aliran darah ke organ vital, bukan ke wajah. Dampaknya muka Anda terlihat lesu, kusam dan pucat.

 

Demikian artikel tentang rajin pakai skincare malah bikin wajah kusam. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. (*)

Sumber: berbagai sumber