Hadir dalam Pengukuhan, Walikota Tegal: Master Plan Smart City Diharapkan Bantu Penyelesaian Isu Strategis

Hadir dalam Pengukuhan, Walikota Tegal: Master Plan Smart City Diharapkan Bantu Penyelesaian Isu Strategis

Walikota Tegal mengukuhkan forum smart city--

RADAR TEGAL - Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menghadiri pengukuhan forum smart city yang digelar Senin 11 Desember 2023. Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan beberapa harapan terkait keberadaan forum tersebut.

Menurut Dedy Yon, Pemkot bertekad bulat dan berupaya keras untuk mewujudkan Kota Tegal sebagai smart city. Pada 2022 lalu, telah didukung oleh Kementrian Kominfo dalam menyusun master plan dan menjadi bagian dari program gerakan menuju kota cerdas.

"Sebagai langkah awal, Pemkot telah membentuk Dewan Smart City yang melibatkan triple helic yaitu Pemerintah, Dunia Usaha dan Akademisi. Saat ini Pemkot telah menjalankan rencana-rencana yang telah disusun bersama di dalam master plan tersebut,"katanya.

Karenanya, kata Dedy Yon, penting untuk melaksanakan forum smart city. Tujuannya, untuk merangkul segenap seluruh elemen pentahelix guna ikut berpartisipasi melaksanakan dan mendukung pembangunan Kota Tegal sebagai kota cerdas. 

BACA JUGA:Masterplan Smart City Kabupaten Tegal Ditandatangani Bupati: Milestone-nya Jelas

"Sebab, dalam upaya mewujudkan itu, Pemkot tidak dapat berjalan sendiri. Utamanya, dalam mengimplementasikan perencanaan dan menjawab dan menghadapi tantangan yang timbul,"ujarnya.

Walikota berharap, dengan adanya masterplan itu dapat membantu penyelesaian isu strategis Kota Tegal. Antara lain penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM dan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Selain itu, juga kelestarian lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan. Serta peningkatan daya saing daerah, penataan wajah kota, pembinaan PKL, pemenuhan air bersih dan pemanfaatan aset daerah,"tandasnya.

Kepala Bappeda Kota Tegal, Resti Drijo Prihanto menyampaikan maksud pengukuhan forum Smart City 2023 sebagai wadah komunikasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan program itu. Selain itu, forum juga merupakan hasil tindaklanjut evaluasi implimentasi pelaksanaan pembangunan.

"Dilaksanakannya pengukuhan ini, bertujuan untuk menginformasikan. Serta mensosialisasikan terbentuknya forum tersebut,"pungkasnya. (*)

Sumber: