Semangati Pasien TBC, Klinik Paru Masyarakat Kunjungi 7 Kelurahan di Kota Tegal

Semangati Pasien TBC, Klinik Paru Masyarakat Kunjungi 7 Kelurahan di Kota Tegal

KUNJUNGAN-Kepala Klinik Paru Masyarakat (KPM) dr Ifo Herwanti melakukan kunjungan ke rumah pasien dalam rangka HKN ke-59 di beberapa wilayah di Kota Tegal.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 7 kelurahan di Kota Tegal mendapat kunjungan dari Klinik Paru Masyarakat. Tujuh kelurahan tersebut di antaranya Kelurahan Kaligangsa, Muarareja, Tegalsari, Mintaragen, Debong Tengah dan Kalinyamat Wetan. 

Kunjungan rumah pasien TBC tersebut dilakukan Klinik Paru Masyarakat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun, yang jatuh pada 12 November 2023.  Kegiatan tersebut merupakan bakti sosial Klinik Paru Masyarakat yang sebelumnya lebih dikenal sebagai Balai Pengobatan Penyakit Paru-paru atau BP4.

Kunjungan ke rumah pasien merupakan bentuk perhatian Klinik Paru Masyarakat kepada masyarakat yang perlu diperhatikan. Mereka berusaha memberi semangat agar pasien TBC terus mau berobat.

"Dengan memberikan motivasi, informasi dan edukasi serta memberikan bingkisan kepadanya. Harapannya kegiatan itu dapat meningkatkan semangat para pasien dalam menjalankan pengobatan secara rutin," kata Kepala Klinik Paru Masyarakat (KPM) dr Ifo Herwanti, Kamis 7 Desember 2023.

BACA JUGA:11 Bulan 98 Warga Brebes Meninggal karena TBC, Temuan Kasus Baru 1.247 Penderita

Dia mengakui, penyakit TBC merupakan penyakit menular. Namun jika diobati dengan baik dan teratur maka akan sembuh. 

Sebaliknya jika tidak diobati sesuai dengan anjuran bisa berdampak penularan yang luas. Kegiatan Klinik Paru Masyarakat sendiri mendapat pendampingan dari pihak kelurahan, babinsa, babinkamtibmas, programer TB puskesmas serta kader kesehatan di wilayahnya. (*)

Sumber: