Cara Bayar Cicilan Pinjol Tanpa Pakai Uang Tambahan Pribadi, Pasti Gak Bakal Galbay!

Cara Bayar Cicilan Pinjol Tanpa Pakai Uang Tambahan Pribadi, Pasti Gak Bakal Galbay!

Cara bayar cicilan pinjol tanpa pakai uang tambahan pribadi-freepik-

3) Konsolidasi hutang

Cara bayar cicilan pinjol tanpa pakai uang tambahan pribadi berikutnya dengan ambil pinjaman dari lembaga keuangan lain. 

Pilih lembaga yang memang memiliki bunga lebih rendah, agar Anda bisa membayar lunas hutang pinjol. Namun, cara ini memang agak berisiko karena saja sama seperti gali lubang tutup lubang. 

Meski begitu, jika memang ada tempat pinjaman uang yang memberikan bunga lebih rendah atau bahkan tanpa bunga, tidak ada salahnya Anda mencoba opsi ini.

4) Menggunakan aset

Pilihan membayar hutang pinjol berikutnya agar tidak galbay adalah menggunakan aset yang Anda miliki. Entah itu barang elektronik, perhiasan, kendaraan, maupun barang berharga sejenisnya yang memiliki nilai setara dengan hutang Anda.

BACA JUGA : Jangan Langsung Bayar! Begini Cara Tepat Hadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

5) Mencari pendapatan lain

Tips bayar hutang pinjol yang tepat yaitu mencari sumber pendapatan yang lain, diluar gaji dari pekerjaan utama saat ini. Anda bisa memulai untuk membuka bisnis kecil tanpa modal, maupun menawarkan jasa tertentu sesuai keterampilan yang dimiliki.

Nantinya keuntungan dari bisnis atau jasa Anda tersebut bisa Anda gunakan untuk membayar hutang pinjol. 

6) Meminta bantuan layanan konseling keuangan

Cara membayar hutang pinjol berikutnya dengan meminta bantuan dari layanan konseling keuangan. Kini sudah ada banyak lembaga maupun organisasi non profit yang memberikan layanan ini secara gratis.

Nanti Anda akan diberikan semacam saran atau nasihat dalam mengelola hutang yang tepat, serta membantu soal rencana pembayaran yang efektif.

BACA JUGA : 3 Tempat Pinjam Uang Tanpa DC Lapangan Selain Pinjol, Cocok untuk Cari Dana Darurat

Kesimpulan

Sumber: