Benarkah Hutang Pinjol akan Hangus Setelah 90 Hari? Cek Penjelasan Selengkapnya Disini

Benarkah Hutang Pinjol akan Hangus Setelah 90 Hari? Cek Penjelasan Selengkapnya Disini

Ilustrasi. Hutang pinjol apakah akan hangus sendiri setelah 90 hari?--Freepik

RADAR TEGAL-  Saat ini banyak masyarakat  lebih menggunakan pinjol dibandingkan pinjam ke Bank, hal itu dikarenakan singkatnya proses pencairan masuk ke dalam rekening. Bahkan limit yang ditawarkan oleh pinjol ini terbilang cukup besar dan berbagai suku bunga rendah.

 

Selain itu pinjol juga tak perlu ribet hanya cukup dengan KTP, selfie dan isi data diri juga cukup. Tapi dengan adanya pinjol ini menjadi perhatian lantaran banyak masyarakat kecanduan berhutang terus menerus.

 

Bahkan yang menjadi pertanyaan saat ini yang masih jadi penasaran apakah benar jika hutang pinjol akan hangus setelah 90 hari?

BACA JUGA:11 Pinjol Kredit Macet Terparah 2023, Nomor 6 Paling Tinggi

Banyak masyarakat yang menganggap jika jatuh tempo telah lewat dari 90 hari maka hutang pinjol dianggap lunas.

 

Tapi jangan salah kaprah jika pinjol legal yang telah diawasi OJK maka nama debitur akan masuk ke dalam BI Checking, yang dimana bisa di blacklist.

 

Hal tersebut menandakan bahwa debitur kedepannya akan kesulitan mendapatkan pinjaman ke bank, ambil kredit KPR, kredit kendaraan dan lain sebagainya.

 

Jika nasabah dengan tunggakan selama 90 hari maka masuk kedalam kategori kredit macet.

 

Perlu diingat jika Anda pinjam ke pinjol legal setiap peminjaman mengikuti seluruh peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK, mulai dari suku bunga dan sampai praktik hutang ke nasabah.

 

Selain itu jika utang Anda lewat dari 90 hari sesuai tanggal jatuh tempo,.maka pihak penyelenggara pinjol boleh menagih hutang melalui jasa ketiga dari pihak perusahaan.

BACA JUGA:Berapa Lama Pengajuan Paylater BCA? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Daftarnya

Dan menurut penyelenggara tidak diperbolehkan menagih secara langsung jika nasabah telat bayar hingga 90 hari.

 

Jadi kesimpulannya, jika nasabah telat bayar tagihan selama 90 hari maka utang tersebut tidak hangus dan tidak akan dianggap lunas.

 

Melainkan harus wajib dibayar dari pokok dan suku bunga yang telah ditentukan aplikasi pinjol tersebut.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang hutang pinjol akan hangus setelah 90 hari? Semoga pertanyaan selama ini terjawab sudah. 

 

Jadi perlu digaris bawahi, boleh hutang ke pinjol asalkan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan kita masing- masing.(*)

Sumber: