Uji Coba ETLE Drone di Brebes, 20 Pelanggar Ditemukan Dalam Waktu Dua Menit

Uji Coba ETLE Drone di Brebes, 20 Pelanggar Ditemukan Dalam Waktu Dua Menit

ETLE Diuji Coba di Brebes, dalam dua menit 20 pelanggar lalu lintas ditemukan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Uji coba penggunaan sistem elektronic traffic law enforcement (ETLE) di jalur Pantura Kota Brebes dilakukan oleh Jajaran Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes di pertigaan Brexit, Senin 4 Desember 2023. Hasilnya, 20 pelanggar lalu lintas ditemukan dalam kurun waktu dua menit.

Kasi Gar Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kompol Indra Hartono mengatakan, hari ini pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi penegakan hukum di sejumlah kota di Jawa Tengah. Salah satunya di wilayah hukum Polres Brebes, yang digelar di pertigaan Brebes Exit Timur (Brexit).

Ini untuk memantau dan melakukan sosialisasi terhadap pelanggar lalu lintas, dengan menggunakan ETLE drone.

"Jadi kita bisa mengetahui kendala apa yang dihadapi pihak kepolisian saat bertugas saat menggunakan ETLE mobile drone," kata Indra Hartono, didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Indra Prasetyo.

BACA JUGA:Pelaksanaan ETLE Drone Dievaluasi, Efektif Tindak Pelanggar Lalu Lintas di Kota Tegal

Diungkapkannya, penggunaan drone sangat efektif dalam memantau pelanggar lalu lintas di jalan raya. Salah satunya, memantau pengendara yang tidak mengenakan helm atau pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Dari dua menit pemantauan ETLE drone, bisa terlihat ada dua puluh pelanggar lalu lintas yang ditemukan di Brexit," jelasnya.

Dia menambahkan, dalam kurun waktu beberapa bulan penggunaan ETLE drone sangat efektif. Pasalnya, mudah dalam menemukan pelanggar lalu lintas dan tidak perlu berinteraksi langsung, sehingga tidak menganggu aktivitas masyarakat lainnya yang melintas.

"Selain efektif menemukan pelanggar lalin, saat penegakan hukum dilakukan tidak menggangu pengguna jalan yang melintas," imbuhnya.

BACA JUGA:Tindak Pelanggaran Pemilu 2024 Harus Ditindak Tegas, Bupati Tegal: Ini Semua Area Sensitif

Rencananya, tilang ETLE mobile drone akan mulai dilaunching dan diterapkan Polda Jateng pada Operasi Lilin mendatang. Karenanya, dia berharap adanya ETLE bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya pada saat libur hari Natal dan Tahun Baru 2025.

"Kami telah menyiapkan 6 drone dengan pilot-pilot yang terlatih dalam menggunakan drone saat operasi digelar," pungkasnya. (*)

Sumber: