Hanya 6,63 Persen, Angka Pengangguran Perempuan di Kabupaten Tegal Lebih Rendah dari Laki-laki

Hanya 6,63 Persen, Angka Pengangguran Perempuan di Kabupaten Tegal Lebih Rendah dari Laki-laki

PENGUKUHAN - Angka pengangguran perempuan di Kabupaten Tegal terungkap saat Bupati Tegal Umi Azizah membacakan naskah pengukuhan pengurus DPC IWAPI Kabupaten Tegal, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Senin 4 Desember 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Bupati Umi membeberkan, angka kemiskinan di Kabupaten Tegal berkurang 0,6 persen. Tahun 2022 mencapai 7,9 persen. Sedangkan tahun 2023 turun menjadi 7,3 persen. 

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi Jateng, Sektor Kemiskinan Pengangguran dan Pertanian Jadi Prioritas Pemprov

Penurunan ini menjadi terendah ke delapan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

"Tingkat pengangguran terbuka kita juga turun 1,04 persen dari 9,64 persen di tahun 2022 menjadi 8,6 persen untuk tahun 2023," sambung Umi Azizah.

"Maka di sinilah peran IWAPI sangat diperlukan bersama-sama pemerintah untuk melakukan pendekatan formal dengan mendorong kebijakan afirmatif dan mendampingi usaha perempuan melalui wadah resmi. Misalnya mendekatkan mereka pada lembaga keuangan, koperasi, jaminan dan perlindungan usaha, aksesibilitas, dan lainnya," imbuhnya.

Sementara, Ketua DPC IWAPI Kabupaten Tegal Ratminingsih mengaku akan selalu bersinergi dengan pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran perempuan di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Tegal Alami Penurunan, Disnakerin Beberkan Penyebabnya

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah," tukasnya. 

Demikian informasi terkait penurunan angka pengangguran perempuan di Kabupaten Tegal. Semoga hal ini bermanfaat. (*)

Sumber: