Jangan Asal Beli, Kenali Perbedaan Android TV dan Smart TV agar Tidak Keliru

Jangan Asal Beli, Kenali Perbedaan Android TV dan Smart TV agar Tidak Keliru

perbedaan android tv dan smart tv--

RADAR TEGAL - Sebelum membeli TV pintar, ada baiknya kamu kenali perbedaan Android TV dan Smart TV agar tidak keliru.

Banyak orang yang salah bahwa keduanya memiliki kesamaan. Namun ternyata ada perbedaan Android TV dan Smart TV yang harus kamu ketahui.

Salah satu perbedaan Android TV dan Smart TV yaitu tampilannya. Smart TV memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh penggunanya.

Sementara tampilan Android TV lebih kompleks. Berikut perbedaan Android TV dan Smart TV yang lainnya agar kamu tidak keliru.

BACA JUGA:5 Android TV Ini Harganya Gak Ngotak, Mulai Rp1 Jutaan Udah Bisa Nikmatin Semua Fitur Hiburan Sepuasnya

Perbedaan Android TV dan Smart TV

1. Sistem operasi dan fitur

Smart TV menggunakan sistem operasi ‘mutlak’, sehingga aplikasi yang ada tidak bisa diperbarui (update). Contohnya, jika YouTube mengeluarkan versi terbaru dari aplikasinya, pengguna tidak bisa melakukan update.

Sementara di Android TV bisa. Pengguna tinggal mengakses Google Play Store untuk melakukan update versi aplikasi yang digunakan.

Selain itu, Android TV sudah dilengkapi dengan fitur mikrofon, sehingga pengguna bisa menggunakan layanan Google Assistant untuk memberi perintah kepada TV menggunakan suara.

Hal ini mungkin tidak ditemukan di smart TV. Sebab, pada umumnya, pengguna tetap harus memerintah dengan memencet remote dan mengetik di fitur keyboard yang juga ada di Android TV.

BACA JUGA:4 Smart TV Terbaik Pilihan Warga +62: Fitur, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

2. Aplikasi

Dari segi aplikasi, Android TV boleh dibilang lebih unggul ketimbang smart TV. Soalnya, aplikasi di smart TV merupakan aplikasi bawaan dari sistem.

Misalnya, kalau dari awal membeli smart TV sudah ada aplikasi Netflix dan Youtube-nya, Anda bisa menggunakan kedua aplikasi ini. Namun jika tidak, Anda tak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Sumber: