Cegah Aksi Kriminal, 8 Kamera CCTV Dipasang di Terminal Dukuhsalam Kabupaten Tegal

Cegah Aksi Kriminal, 8 Kamera CCTV Dipasang di Terminal Dukuhsalam Kabupaten Tegal

KAMERA CCTV- Kasi Angkutan dan Terminal Dishub mencermati kawasan terminal dari layar monitor kamera CCTV yang sudah terpasang.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal nampaknya mulai serius meningkatkan keamanan di areal Terminal Dukuhsalam. Demi mencegah aksi kriminal di wilayah tersebut, sebanyak 8 kamera CCTV mulai dipasang di sana.

Meski demikian, jumlah fasilitas kamera CCTV tersebut belum memenuhi semua kebutuhan. Pasalnya, jika melihat luasan Terminal Dukuhsalam, maka dibutuhkan 16 titik CCTV.

Penempatan kamera CCTV tersebut merupakan upaya Bidang Angkutan dan Teknis Sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal untuk mewujudkan keamanan dan meminimalisir aksi kriminal di areal Terminal Dukuhsalam.

Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi menyatakan, pemasangan kamera CCTV  di kawasan Terminal Dukuhsalam juga sebagai implementasi  Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 24/ Tahun 2021. Peraturan tersebut mengatur tentang penyelenggaraan terminal penumpang angkutan jalan.

BACA JUGA:Cegah Kekerasan di Sekolah, SMKN 2 Slawi Gelar Deklarasi dan Pasang CCTV di 24 Ruang Teori

Pemasangan CCTV tentunya berguna meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang serta pelaku usaha di Terminal Dukuhsalam.

 "Jujur saja, sebelumnya beragam aksi kriminal sempat terjadi di areal Terminal Dukuhsalam," ungkap Agil, Jumat 1 Desember 2023.

Mulai dari pencurian gerobak, pembobolan kios, hingga pencurian spare part bus, dan helm pengunjung terminal. Dia mengakui, luas areal Terminal Dukuhsalam memberi celah pelaku kriminal.

Bahkan areal terminal kerap menjadi ruang untuk menelantarkan orang yang kehabisan bekal atau ongkos menuju tempat asal yang sebelumnya tidak terpantau kamera CCTV.

BACA JUGA:Detik-detik Kecelakaan di Exit Tol Bawen Semarang Terekam CCTV, Begini Kejadiannya

Pemasangan kamera CCTV ini merupakan fasilitas penunjang terminal yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan pelaksanaan di terminal. 

"Hal ini mengingat luasan Terminal Dukuhsalam yang semuanya tidak terkontrol atau terawasi sepenuhnya oleh petugas," tambah dia.

Persiapan menjelang Nataru

Sementara itu, selain memasang kamera CCTV untuk meningkatkan keamanan, khusus menghadapi libur akhir tahun, sebanyak 43 armada bus sudah disiapkan sebagai angkutan umum menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Sumber: