Beban Semakin Berat, Sekolah Swasta di Tegal Berharap BOS Pendampng Bisa Setiap Tahun Dianggarkan

Beban Semakin Berat, Sekolah Swasta di Tegal Berharap BOS Pendampng Bisa Setiap Tahun Dianggarkan

BOS - Pemkot Tegal diharapkan mengalokasikan BOS pendamping sekolah swasta setiap tahun.--

RADAR TEGAL - Sekolah swasta juga mempunyai peran yang sama besarnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga sekolah swasta pun berhak dan layak mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pendamping.

Untuk itulah Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Tegal mendorong BOS pendamping untuk sekolah swasta dapat dicairkan setiap tahun. Apalagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui bidang pendidikan, tidak hanya domain sekolah negeri. 

Sebelumnya sekolah swasta menerima BOS pendamping dua tahun sekali. Tahun depan diharapkan alokasinya akan meningkat, dan mereka menerimanya setiap tahun. 

“Dalam upaya meningkatkan kemajuan di bidang pendidikan, Fraksi Partai Golkar berharap supaya sekolah-sekolah swasta di Kota Tegal dapat memperoleh dana BOS pada setiap tahun anggaran,” kata Sekretaris Fraksi Partai Golkar Moh Muslim, Kamis 30 November 2023.

BACA JUGA: SMP Swasta di Tegal Baru Dapat 10 Siswa, Wakil Ketua DPRD: Sekolah Swasta Jangan Sampai Kukud

Sebelumnya, Konsorsium Kepala SMP/MTs Swasta Kota Tegal dan Paguyuban SD/MI Swasta Kota Tegal juga telah beraudiensi dengan Komisi I DPRD.

Konsorsium menyampaikan sekolah swasta membutuhkan dana operasional yang cukup tinggi, sehingga membutuhkan BOS Pendamping dapat diperoleh setiap tahunnya.

Lebih lanjut disampaikan Muslim, sehubungan dengan ditetapkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tegal 2024. Fraksi Partai Golkar berharap pada Triwulan Pertama sudah dapat diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK).

Dengan demikian, tidak akan terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Pemerintah Kota Tegal melalui Organisasi Perangkat Daerah yang menangani Pendapatan Daerah juga agar berupaya mencari terobosan untuk meningkatkan Pendapatan Daerah.

BACA JUGA: Buka Layanan Aduan PPDB, Komisi I DPRD Pastikan Sekolah Swasta Dapat Porsi

“Baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi serta menggali sumber-sumber pendapatan lain yang sah dan tidak memberatkan masyarakat,” ujar Muslim. 

Demikian informasi tentang desakan sekolah swasta agar Pemkot Tegal mengalokasikan anggaran BOS pendamping setiap tahun. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: