Apakah Sepeda Listrik Boleh Kena Hujan? Ternyata Boleh, Asal Tahu Perawatannya Supaya Awet

Apakah Sepeda Listrik Boleh Kena Hujan? Ternyata Boleh, Asal Tahu Perawatannya Supaya Awet

Apakah Sepeda Listrik Boleh Kena Hujan-pexels.com/Maxchen-pexels.com/Maxchen

RADAR TEGAL - Mungkin ada yang sering bertanya apakah sepeda listrik boleh kena hujan atau tidak. Karena pada dasarnya listrik memang tidak disarankan untuk terkena air karena bisa terjadi kemungkinan terjadinya konsleting listrik.

Biasanya untuk peraturan atau ketentuan mengenai apakah sepeda listrik boleh kena hujan atau tidak sudah tertulis di dalam buku panduan penggunaan sepeda listrik. Maka dari itu disarankan kamu melihat terlebih dahulu panduan yang ada ketika kamu membeli sepedanya.

Apakah sepeda listrik boleh kena hujan

Menurut salah satu buku panduan penggunaan motor listrik, apakah sepeda listrik boleh kena hujan, jawabannya memang kendaraan listrik masih bisa berjalan normal ketika hujan. Hal ini termasuk dalam penggunaan sepeda listrik yang masih bisa berjalan normal ketika hujan.

Namun biasanya di dalam buku panduan tersebut juga di tuliskan beberapa tips agar terhindar dari problem ketika menjalankan sepeda listrik di bawah hujan. Dengan begitu untuk menjawab pertanyaan tersebut, kembali lagi pada perawatan sepeda listrik yang kamu miliki. 

BACA JUGA: Ingat! Sepeda Listrik Dilarang Dikendarai di Jalan Raya, Ternyata Ini Alasannya

BACA JUGA: Kualitas Mumpuni, Intip 8 Daftar Sepeda Listrik Terbaik dan Murah

Misalnya seperti menutup cover baterai dan tidak menggunakan sepeda listrik untuk menerjang banjir. Namun biasanya lebih disarankan bagi kamu yang ingin menggunakan sepeda listrik 

Selain itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya kamu juga berhati-hati ketika membersihkan atau mencuci sepeda listrik. Salah satu caranya bisa menggunakan air dengan tekanan tinggi khususnya untuk membersihkan komponen listrik pada sepeda.

Selain itu apabila lingkungan kamu terkena banjir sebaiknya kamu lepas baterai dari sepeda listrik agar tidak ikut tergenang air. Hal tersebut dilakukan agar kondisi baterai bisa terjaga dengan baik dan tetap awet.

Tips mengendarai sepeda listrik ketika hujan

Sebenarnya memang ada beberapa brand sepeda listrik yang sudah menjamin produknya tahan air dan debu sehingga aman ketika terkena air hujan. Namun apakah sepeda listrik boleh kena hujan juga harus melihat dari spesifikasi sepeda listrik, karena komponen sepeda yang memiliki arus listrik pastinya akan tetap sensitif ketika terkena air.

BACA JUGA: Miliki Tampilan Mewah! Yuk Intip 5 Sepeda Listrik Murah Terbaik, Harga Mulai Rp6 Jutaan

BACA JUGA: Top 5 Merek Sepeda Listrik Terbaik Dibawah Rp5 Juta, Banyak Fitur Menarik dan Fun untuk Boncengan 2 Orang

Sumber: