700 Tahun Berlalu, Kisah Cinta Tragis yang Menjadi Mitos Pantai Parangkusumo Masih Melekat

700 Tahun Berlalu, Kisah Cinta Tragis yang Menjadi Mitos Pantai Parangkusumo Masih Melekat

700 Tahun Berlalu, Kisah Cinta Tragis yang Menjadi Mitos Pantai Parangkusumo Masih Melekat-mitos-radar tegal

Raja Pancala tidak ingin putrinya menikah dengan Raden Panji Asmorobangun karena ia berasal dari kerajaan yang berbeda. Raja Pancala juga khawatir Raden Panji Asmorobangun akan merebut tahta kerajaannya.

Akhirnya, Raden Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji memutuskan untuk melarikan diri. Mereka pergi ke pantai Parangkusumo untuk menemui Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul bersedia membantu Raden Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. Ia menyembunyikan mereka di dalam istananya di laut selatan.

Kisah Cinta Tragis Menurut Mitos Pantai Parangkusumo

Raden Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji hidup bahagia di istana Nyi Roro Kidul. Mereka sering menghabiskan waktu bersama dengan bermain dan bercengkrama.

BACA JUGA:Inilah Sederet Mitos tentang Wisata Baluran di Jawa Timur, Ada Bus Hantu saat Dini Hari

BACA JUGA:Telusuri Misteri dan Mitos di Puncak Gunung Aseupan: Terdapat Makam Tak Bernama

Namun, kebahagiaan mereka tidak berlangsung lama. Raja Pancala akhirnya mengetahui keberadaan mereka. Ia pun mengutus pasukannya untuk menyerang istana Nyi Roro Kidul.

Dalam pertempuran tersebut, Raden Panji Asmorobangun berhasil membunuh Raja Pancala. Namun, ia sendiri juga terluka parah.

Dewi Sekartaji sangat sedih melihat kekasihnya terluka. Ia pun meminta Nyi Roro Kidul untuk menyembuhkan Raden Panji Asmorobangun.

Nyi Roro Kidul bersedia menyembuhkan Raden Panji Asmorobangun. Namun, ia mengajukan syarat kepada Dewi Sekartaji. Syarat tersebut adalah Dewi Sekartaji harus bersedia menggantikan Raden Panji Asmorobangun untuk menjadi penguasa laut selatan.

BACA JUGA:6 Mitos Gunung Slamet, Ada Apa dengan Namanya?

BACA JUGA:Mitos Ikan Besar di Situ Denuh Tasikmalaya yang Konon Muncul Jika Ada yang Berucap Kotor

Dewi Sekartaji setuju dengan syarat tersebut. Ia pun menggantikan Raden Panji Asmorobangun untuk menjadi penguasa laut selatan.

Raden Panji Asmorobangun akhirnya sembuh dari lukanya. Namun, ia harus rela berpisah dengan Dewi Sekartaji.

Sumber: