Jangan Mudah Tergiur Kemudahan Paylater, Bikin Ketagihan Belanja Imbasnya Utang Tiba-tiba Numpuk

Jangan Mudah Tergiur Kemudahan Paylater, Bikin Ketagihan Belanja Imbasnya Utang Tiba-tiba Numpuk

Paylater | Foto: CCN Indonesia--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa kemudahan atau fleksibilitas menggunakan metode pembayaran paylater atau beli sekarang bayar nanti tanpa disadari akan mendorong Gen Z melakukan pembelian barang yang bersifat implusif.

Hal tersebut tentu menjadi temuan dalam laporan Indonesia Gen Z Report 2024 dengan melibatkan 50 responden. Sebanyak 46 persen Gen Z melaporkan telah menggunakan fitur kemudahan paylater sebagai pembayarannya.

Menurut praktisi dan content creator Frugal Living, Samual Ray, metode pembayaran dengan kemudahan paylater hanyalah produk keuangan yang bisa digunakan atau tidak.

Namun, beberapa orang justru harus mengetahui mengenai cara menggunakan metode kemudahan paylater ini supaya tidak implusif.

BACA JUGA: Resmi! Ini 9 Aplikasi Paylater Terbaik 2023 di Indonesia

Bikin gen Z ceroboh dalam berbelanja

Terdaoat survei menemukan hasil sebanyar 69,6 persen Gen Z mengatakan bahwa paylater memungkinkan mereka untuk bisa melakukan pembelian barang yang lebih ceroboh. Atau membeli barang yang tidak dibutuhkan dan paylater juga bikin ketagihan belanja.

Berikutnyam 95,7 persen mengatakan bahwa adanya kekhawatiran paylater bisa menyebabkan berlebihan dalam berbelanja. Sementara untuk responden yang tidak menggunkaan paylater mengaku khawatir bahwa fitur tersebut bisa menyebabkan pengeluaran menjadi tidak terkendali.

Gez Z yang telah disurvei mengakui bahwa tepat waktu dalam pembayaran kredit paylater. Hal ini mungkin saja terjadi karena telah dipengaruhi oleh kekhawatiran mengenai dampak pada skor kredit pribadi.

Bahkan, belakang ini muncul stigma negatif di masyarakat mengenai penggunaan kemudahan paylater, di antaranya yakni mengenai keterlambatan pembayaran membuat skor kredit buruk.

BACA JUGA: Bisa Jadi Modus Penipun, Ini 5 Bahaya Jasa Gestun Paylater

Tips mengatur penggunaan kemudahan paylater

Mematikan notifikasi dari berbagai platform untuk menahan godaan. Kelola uang sesuai finansial kemampuan dengan menginvestasikan uang Anda dengan benar

Lebih baik tidak mempunyai nilai yang terlalu tinggi batas paylater supaya utangnya tidak hilang kendali. Apabila Anda tidak yakin, maka bisa menggunkaannya secara bertanggung jawab, selalu ada pilihan untuk tidak mengunakannya sama sekali

Buatlah diri Anda sibuk dan produktif untuk bisa menghindari pembelanjaan yang tidak masuk akal.

BACA JUGA: Top 7 PayLater Bunga Rendah Sudah Terdaftar di OJK, Bunga Mulai dari 0% & Syarat Mudah Dowload Sekarang Juga

Demikian ulasan mengenai kemudahan paylater bikin ketagihan belanja. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: