Manfaat Momen saat Rekor MURI, Sekolah Ajarkan Siswa Berwirausaha Sejak Dini

Manfaat Momen saat Rekor MURI, Sekolah Ajarkan Siswa Berwirausaha Sejak Dini

Siswa SMP N 1 Ketanggungan diajarkan berwirausaha sejak dini. Seperti dalam acara lomba kolase terbanyak di Kabupaten Brebes yang memecahkan Rekor MURI, Sabtu 23 November 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemkab Brebes melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) setempat baru saja mendapatkan Rekor MURI lomba kolase terbanyak, Sabtu 25 November 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Salah satu tempatnya di SMP N 1 Ketanggungan.

Di wilayah Kecamatan Ketanggungan sendiri, total ada lebih dari seribuan siswa TK, PAUD dan Kelompol Belajar (KB) yang ikut lomba tersebut. Tempatnya, memang dipusatkan di SMP N 1 Ketanggungan.

Memanfaatkan momen tersebut, pihak sekolah mengajarkan siswa untuk belajar berwirausaha. Yakni, menjual aneka makanan.

"Alhamdulillah, lewat organisasi yang ada di sekolah baik itu OSIS, Pramuka hingga dewan guru ikut berjualan di acara tersebut. Ini juga sekaligus mengajarkan ke siswa dalam berwirausaha," ujar salah seorang dewan guru di SMP N 1 Ketanggungan, Andrian Eko Pranowo.

BACA JUGA:Pecahkan Rekor MURI, 33.887 Siswa di Brebes Ikut Lomba Kolase

Andri sapaan akrab Andrian Eko Pranowo menyebutkan, selain mengajarkan anak berwirausaha, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menampilkan kreasi dari siswa. Di antara, Wedha's POlop Art Potrait (WPAP) atau gaya melukis Pop Art.

"Kesenian WPAP itu merupakan kreasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jadi momen tadi itu kami manfaatkan untuk menampilkan ketrampilan yang dimiliki siswa," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 33.887 siswa dari TK, PAUD dan Kelompol Belajar (KB) di Kabupaten Brebes mengikuti lomba kolase serentak di 17 kecamatan di Brebes, Sabtu 25 November 2023. Dengan peserta yang mencapai puluhan ribu tersebut berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), dalam lomba kolase dengan jumlah peserta terbanyak.

Seperti diketahui, lomba kolase tersebut tidak lain memeriahkan Hari Guru tahun ini. Serentak, di 17 kecamatan yang ada di Brebes melaksanakan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:6.023 Pelajar Ikut Berkompetisi, Energen Champion SAC Indonesia 2023 Pecahkan Rekor  

Piagam Rekor Muri diserahakan Perwakilan MURI Semarang, Sri Widayati, kepada Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah, dan Kabid Pembinaan Paud dan PNF Dindikpora Hendra Pradistyo. Penyerahan piagam MURI dilaksanakan di halaman SMP Negeri 2 Jatibatang, Brebes.

Dari hasil verifikasi yang telah dilakukan tim MURI, jumlah peserta lomba kolase totalnya sebanyak 33.887 siswa. Peserta itu tersebar di 17 titik atau 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Mewakili ketua MURI, kami mengesahkan, lomba menempel kolase oleh siswa PAUD dan TK terbanya resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia, sebagai rekor yang ke 11.415," pungkasnya. (*)

Sumber: