Tradisi Nganten Jawa, Mitos yang Berkaitan Erat dengan Widodari Jawa yang Turun dari Khayangan

Tradisi Nganten Jawa, Mitos yang Berkaitan Erat dengan Widodari Jawa yang Turun dari Khayangan

Tradisi Nganten Jawa, Mitos yang Berkaitan Erat dengan Widodari Jawa yang Turun dari Khayangan--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Namun apakah air yang terdapat di Telaga Warna benar bermanfaat untuk menyehatkan kulit? Beberapa sumber mengatakan kalau air di Telaga Warna ini menyehatkan.

BACA JUGA:Mitos Ikan Besar di Situ Denuh Tasikmalaya yang Konon Muncul Jika Ada yang Berucap Kotor

Hal ini disebabkan oleh kandungan belerang yang memang sangat baik untuk mengobati kulit yang tidak sehat akibat jamur.

Adapun zat belerang yang terkandung dalam air Telaga Warna memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk panu, kadas, dan kurap.

Namun, tidak ada penjelasan pasti dalam mitos Jawa tentang alasan para bidadari sering mandi di telaga tersebut.

Apakah karena kulit mereka bermasalah atau karena alasan lain, seperti sekadar ingin menikmati kesegaran airnya atau ingin membersihkan diri dari kotoran dan polusi.

BACA JUGA:Diyakini Menjadi Sosok Pelindung Brebes, Begini Mitos Jaka Poleng

Akhir kata

Jadi itulah penjelasan mengenai tradisi nganten Jawa yang masih ada kaitannya dengan mitos Jawa widodari. Seperti yang disebutkan tadi belum ada penjelasan ilmiah mengenai mitos Jawa yang menyatakan ada bidadari yang gemar mandi di telaga.

Namun sebagai orang mengunjungi objek wisata tersebut, tidak ada salahnya menghormati segala kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

Hal ini juga untuk menjaga toleransi selalu ada pada diri kita. Demikian informasi pada artikel ini semoga informasi yang disajikan bisa menghibur anda.(*)

Artikel ini telah tayang di JurnalFlores.co.id dengan judul "Ritual Nganten, Mitos Bidadari Jawa yang Tersisa dari Sendang Selo dan Telaga Warna di Jawa Tengah!"

Sumber: