Viral Bayi Prematur Meninggal usai Dibuat Konten, Catat Pentingnya Inkubator Digunakan

Viral Bayi Prematur Meninggal usai Dibuat Konten, Catat Pentingnya Inkubator Digunakan

PENTINGNYA INKUBATOR - Inkubator menjadi salah satu alat penting yang menunjang kehidupan bayi prematur di awal kelahirannya.-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL - Viral bayi prematur meninggal dunia usia dibuat konten di Tasikmalaya membuat banyak orang bertanya-tanya. Sebenarnya seberapa pentingnya inkubator bagi bayi, terutama bayi prematur.

Menurut berbagai sumber, bayi prematur biasanya lahir sebelum, minimal, pada usia kandungan 37 minggu. Dengan kelahirannya yang belum cukup umur, kondisi bayi yang lahir prematur tidak bisa disepelekan begitu saja.

Apalagi sampai dibuat konten oleh oknum klinik. Karena bayi prematur harus menjalani perawatan khusus pasca dilahirkan.

Yakni bayi prematur wajib menjalani perawatan di unit perawatan intensif neonatal (NICU). Selama di unit tersebut sebagian besar waktu bayi prematur akan mendapat perawatan khusus di dalam inkubator.

BACA JUGA:Bayi Prematur 1,5 Kg di Tasikmalaya Dijadikan Konten Tanpa Izin dan Meninggal, Orang Tua Meradang

Terdapat alasan sangat kompleks terkait alasan bayi prematur wajib diinkubator. Inkubator sendiri unit mandiri yang bentuknya seperti tabung kotak, dengan kubah bening berbahan plastik.

Inkubator untuk bayi prematur dapat melindungi kondisi bayi dengan baik. Inkubator bayi prematur menyediakan lingkungan aman, sehingga suhunya terkendali untuk si bayi yang memerlukan perawatan di ruang NICU.

Pasalnya, bayi yang dilahirkan lebih awal atau prematur, dapat mengalami beberapa masalah kesehatan. Hal yang dikhawatirkan bayi akan kesulitan mengatur suhu tubuh, karena bayi prematur tidak memiliki banyak lemak.

Fatalnya, jika bayi prematur tidak segera dipindahkan atau dimasukkan ke inkubator, berpotensi terjadi hipotermia. Bayi prematur yang mengalami hipotermia, dapat kehilangan panas tubuh lebih cepat.

BACA JUGA:AKI dan AKBa di Brebes Nihil Tapi Angka Kematian Bayi Naik 19 Kasus, Berikut Beberapa Faktor Pemicunya

Jangankan bayi, orang dewasa yang mengalami hipotermia akan berakibat fatal ketika tubuh kehilangan panas lebih cepat dari yang bisa dihasilkan.

Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi oleh bayi, seperti jaringan oksigen rendah, kesulitan bernapas, dan pertumbuhannya melambat.

Kasus yang terjadi di Tasikmalaya, bayi prematur pasangan Nisa Armila dan Erlangga Surya diduga meninggal usai dimandikan, lalu dibuat konten.

Inilah alasan kenapa bayi prematur wajib diinkubator, salah satunya untuk mencegah terjadinya hipotermia. Seperti disinggung tadi, sebab inkubator dapat membantu bayi prematur agar dapat mempertahankan suhu tubuhnya.

Sumber: