Waspada!!! Ada 95 Jenis Narkoba Baru Masuk ke Indonesia

Waspada!!! Ada 95 Jenis Narkoba Baru Masuk ke Indonesia

Seminar, salah satu upaya membentengi diri dari peredaran jenis narkoba baru--

RADAR TEGAL - Puluhan jenis Narkoba yang baru terdeteksi telah masuk ke wilayah Indonesia. Karenanya, Badan Narkotika Nasional (BNN) terus menggalakan upaya pencegahan dan sosialisasi tentang bahaya barang haram tersebut.

Kepala BNN Kota Tegal Sudirman, usai memberikan materi dalam seminar mengatakan pihaknya telah mempelajari dari 44 negara. Hasilnya, telah terdeteksi adanya jenis Narkoba baru yakni New psychoactive substances (NPS).

"Kita sudah mempelajari dari 44 negara. Ternyata ada jenis narkoba baru yang disebut NPS,"katanya.

Menurut Sudirman, narkoba itu ternyata ada 1.230 jenis. Dari jumlah itu, sebanyak 95 di antaranya sudah masuk ke Indonesia.

BACA JUGA:Bentengi Pemuda dari Peredaran Narkoba, Ini yang Dilakukan KNPI Kota Tegal

"Sehingga, perlu perhatian bersama untuk bisa melakukan upaya pencegahan. Karena, kemungkinan yang lain bisa menyusul masuk ke Indonesia,"ujarnya.

Kemudian, kata Sudirman, dari beberapa pengungkapan sebelumnya, ada jenis narkoba yang diedarkan melalui makanan ringan seperti keripik pisang. Kemudian, minuman serbuk kemasan, itu juga sudah banyak yang muncul.

"Sehingga, kita perlu meningkatkan kewaspadaan bersama, termasuk masyarakat. Kalau ada informasi, terkait peredaran, kita harapkan agar masyarakat peduli dan meneruskan ke pihak berwajib,"tandasnya.

Sudirman menambahkan sebagai upaya untuk mengantisipasi masuknya jenis narkoba baru, pihaknya gencar melakukan sosialisasi. Baik, kepada kelompok pemuda seperti KNPI hingga ke sekolah-sekolah.

"Sekarang kita gencarkan masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan pesan-pesan agar pelajar dan pemuda sama-sama mewaspadai narkoba ini. Karena memang perlu perhatian bersama terkait persoalan narkoba ini,"pungkasnya. (*)

Sumber: