Jangan Asal Oles, Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Bisa Bikin Lembab Muda dari Usia Sebenarnya

Jangan Asal Oles, Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Bisa Bikin Lembab Muda dari Usia Sebenarnya

-Minyak zaitun-freepik.com

RADAR TEGAL - Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah begitu istimewa. Karena minyak zaitun kaya akan antioksidan hingga mampu membuat wajah awet muda.

Di luar negeri minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai bahan saus salad atau tumis. Tetapi sesungguhnya manfaat minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Sebagian orang ada yang tidak mengetahui apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah. Dalam artikel ini akan membahas lengkap mengenai khasiat dan kegunaannya bersumber dari laman Stylecraze.

Minyak zaitun sendiri kaya akan vitamin dan menurut Internasional Olive Council menyebut bahwa ada banyak dari vitamin A, D, K dan vitamin E. Itulah sebabnya manfaat minyak zaitun sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah Anda.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Salah Satunya Bisa Membasmi Kutu

Khasiat kandungan minyak zaitun 

1. Sifat Antioksidan

Hal menarik manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah adanya sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya kaya antioksidan saja, tetapi Ia memiliki bahan konsentrasi yang disebut dengan squalene. Squalene ini mempunyai konsentrasi bahan sangat tinggi dibandingkan jenis lemak dan minyak lainnya mampu melawan bakteri.

Hal lain dari manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah bisa melembabkan kulit bahkan menghidrasi kulit menjadi lebih lembab. Zat ada dalam minyak zaitun menyerap air, sedangkan dosis squalene berperan mengunci air dikulit sehingga jika dipakai rutin wajah terhidrasi.

2. Pelembab Kulit

Dengan minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pelembab tanpa bahan tambahan apapun hanya cukup mengoleskan langsung ke kulit.

BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Wanita, Bisa Cegah Stretch Mark sampai Kurangi Nyeri Haid

Kemudian ratakan keseluruh kulit dan pastikan menggunakannya setelah terkena paparan  sinar matahari atau sengatan UV filter matahari.

3. Atasi Iritasi

Dosis antiinflamasi dan kaya zat antioksidan mampu berperan mengatasi radang kulit dan mengurangi iritasi kulit, seperti kulit kering atau mengelupas. Sehingga manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah, bisa membuat awet muda.

4. Kurangi Tanda-tanda Penuaan

Bukan hanya mampu hidrasi maupun iritasi kulit saja melainkan juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan menangkal radikal bebas.

Kadar antioksidan dalam minyak zaitun dapat merangsang produksi kolagen membuat kulit wajah kencang dan kenyal bikin awet muda.

5. Cerahkan Kulit dan Kurangi Flek Hitam

Flek hitam membandel yang menahun cukup lama membuat kulit kusam kurang cahaya akibat paparan sinar matahari. Kemudian juga usia yang terus bertambah flek hitam tampak terlihat dan minyak zaitun bisa mengatasi semuanya itu dengan mudah.

Zat vitamin E dalam minyak zaitun memberi pengaruh pada kulit mampu menyamarkan noda hitam atau flek hitam secara cepat.

Efek Samping Minyak Zaitun

Walaupun minyak zaitun kaya antioksidan dan antiinflamasi tetapi perlu diingat adanya efek samping apabila penggunaanya berlebihan. Terjadi iritasi kulit terutama pada kulit sensitif, eksim dan tidak disarankan memakai minyak zaitun dalam jumlah banyak atau terlalu sering.

BACA JUGA:15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Salah Satunya Efektif Kurangi Risiko Serangan Jantung

Jenis kulit sensitif seperti ini tampaknya tidak diperkenankan atau dilarang keras menggunakan karena memang bukan pilihan terbaik. Apabila tetap nekad menggunakan minyak zaitun alam keadaan kondisi demikian akan memperburuk kulit tertentu.

Jika memiliki jenis sensitif ada baiknya melakukan uji test terlebih dahulu sebelum mengoleskan ke kulit wajah. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bagian kulit lengan kemudian gosok memakai uang logam.

BACA JUGA:Ketahui 6 Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun pada Malam Hari, Salah Satunya Bisa Mencegah Kulit Keriput

Jika tidak ada reaksi pada kulit dalam waktu 24-48 jam menandakan cocok,aman digunakan kulit wajah. Pastikan ketika memilih dan membeli minyak zaitun tertera sertifikasi halal dari MUI dan BPOM kemudian pastikan masih segel untuk memastikan kualitas terbaik.

Kesimpulan

Minyak zaitun dikenal baik kesehatan kulit wajah lantaran kaya akan vitamin E dan antioksidan mampu membuat kulit sehat dan cerah alami. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit wajah mengencangkan membikin kulit kenyal awet muda.

Akan tetapi hati-hati yang memiliki kulit sensitif memicu iritasi kulit sehingga perlu dihindari penggunaan berlebihan, semoga menjadi inspirasi. Itulah informasi tentang manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah. (*)

Sumber: