Fasilitasi Tenaga Kerja, SMK Negeri 1 Tonjong Brebes Gelar Job Fair Selama Dua Hari

 Fasilitasi Tenaga Kerja, SMK Negeri 1 Tonjong Brebes Gelar Job Fair Selama Dua Hari

ANTUSIAS- Sejumlah peserta dan calon tenaga kerja antusias mendapatkan informasi terjadi lapangan pekerjaan dalam kegiatan job fair yang dilaksanakan SMK Negeri 1 Tonjong.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Fasilitasi tenaga kerja, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tonjong menggelar job fair selama dua hari, Rabu 15 November 2023 sampai Kamis 16 November 2023. Sekolah itu sebagai SMK Pusat Keunggulan Job Fair 2023 yang memberi informasi mengenai berbagai peluang bagi tenaga kerja. 

Kepala SMK Negeri 1 Tonjong Sodikun Atmo Yulianto mengatakan, Job Fair yang memfasilitasi tenaga kerja ini diselenggarakan merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai SMK berpredikat Pusat Keunggulan.

"Ini adalah tahun ke-2 kegiatan dilaksanakan, sekaligus rangkaian hari jadi SMK Negeri 1 Tonjong ke 20," ucap Sodikun.

Dikatakan Sodikun, sebelumnya sekolah mentargetkan kegiatan diikuti 20 Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dadiku). Namun ternyata dalam pelaksanaan terdapat 24 Dadiku dan 4 LPK sehingga mampu melampaui target.

BACA JUGA:Job Fair 2023 di SMKN 1 Brebes Banyak Peminat, 23 Perusahaan Ambil Bagian

"Lebih banyak perusahaan yang mendaftar, tentunya sebagai bentuk kepercayaan terhadap SMK Negeri 1 Tonjong," kata Sodikun.

Melalui program job fair ini, diharapkan dapat membantu calon tenaga kerja, dalam hal ini para siswa yang telah lulus supaya segera mendapat pekerjaan. 

Dia menekankan, pilihan selepas lulus tidak hanya bekerja. Namun berkesempatan melanjutkan studi dan wirausaha.

"Kami berterimakasih pada perusahaan dan LPK yang turut serta dalam kegiatan job fair ini. Sebagai lembaga pendidikan, SMK bertanggung jawab dengan membekali kompetensi pada anak didik," imbuhnya.

BACA JUGA:Setelah Job Fair, Giliran Pesta Rakyat Slawi Ageng Jadi Jujukan Masyarakat

Brebes kabupaten terluas setelah Cilacap

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes Lis Dwi Andriani yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sebagai kabupaten terluas di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap, permasalahan dalam bidang tenaga kerja yakni pencari kerja yang semakin meningkat, menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang harus dapat terselesaikan.

"Untuk itu kami senantiasa mendukung setiap kegiatan job fair, dengan harapan dapat mempermudah para alumni membuka peluang lebih besar untuk dapat bekerja sesuai bakat dan minat," terangnya.

Lebih lanjut dia berharap, dengan job fair seperti yang dilaksanakan SMK Negeri 1 Tonjong, bisa terjalin interaksi yang baik, sehingga setelah kegiatan ini bisa bekerja sama antara perusahaan dengan calon tenaga kerja.

Sumber: