Job Fair 2023 di SMKN 1 Brebes Banyak Peminat, 23 Perusahaan Ambil Bagian

Job Fair 2023 di SMKN 1 Brebes Banyak Peminat, 23 Perusahaan Ambil Bagian

PELATIHAN - Selain Job Fair 2023, sejumlah siswa SMKN 1 Brebes tampak mengikuti pelatihan menjahit sepatu dengan Apindo Brebes. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Berlangsung selama dua hari yakni mulai Rabu 8 November 2023 dan Kamis 9 November 2023, Job Fair 2023 digelar di SMKN 1 Brebes. Sebanyak 23 perusahaan ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kepala SMKN 1 Brebes Bedjo menjelaskan, Job Fair 2023 sedianya akan diikuti 8 perusahaan. Namun, seiring banyaknya peminat menjadi 23 perusahaan yang mengikuti kegiatan ini.

Dia berharap, dengan Job Fair 2023, alumni yang belum terserap kerja bisa mendapat kesempatan kerja. Termasuk alumni SMKN 1 Brebes maupun alumni sekolah lain.

Untuk penyerapan tenaga kerja lokal, SMKN1 Brebes berkolaborasi dengan Apindo Kabupaten Brebes. Kolaborasi itu dengan membuka Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di sekolah tersebut.

BACA JUGA:Setelah Job Fair, Giliran Pesta Rakyat Slawi Ageng Jadi Jujukan Masyarakat

Job Fair 2023 digelar berbarengan dengan peresmian LPK di halaman sekolah. Acara ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Jawa Tengah Indri Astuti, Rabu, 8 Nopember 2023.

Terkait hal ini, Ketua Apindo Kabupaten Brebes Edy Suryono menjelaskan, angka pengangguran di Kabupaten Brebes mencapai 9,2 persen. Untuk itu, Apindo berusaha membantu menurunkan kemiskinan dengan mengurangi pengangguran.

Pendirian LPK di sekolah, menjadi terobosan baru agar tenaga kerja terampil bisa terserap.  

"LPK yang didirikan Apindo sudah tiga buah yakni di SD Negeri 4 Tanjung, SMK Islam Diponegoro Losari dan SMK N 1 Brebes. Hingga saat ini sudah 445 orang lulusan LPK yang tersalurkan," ungkap Edy. 

BACA JUGA:Hari Terakhir Job Fair Slawi Ageng, 71 Perusahaan Masih Butuh Lulusan SMP hingga Sarjana

Edy menerangkan, di Brebes sudah ada 25 perusahaan sepatu dengan karyawan rata-rata 7.500 orang. Dalam waktu dekat akan masuk 21 perusahaan di Brebes karena masih mengurus perizinan. 

"Setelah mereka mengikuti pelatihan menjahit sepatu, setelah lulus nanti akan ditempatkan di PT BIG, setahun 35 peserta dan 10 orang di antaranya pekerja laki-laki," ungkap Edy. 

SMKN 1 Brebes sendiri menggandeng Apindo dengan fokus pelatihan pada menjahit alas kaki dengan jaminan penempatan kerja di daerah Brebes.

Cetak generasi bangsa yang kompeten

Sumber: