Kebakaran Lahan Kosong di Tegal yang Nyaris Merembet ke Rumah Warga Diduga Karena Ini

Kebakaran Lahan Kosong di Tegal yang Nyaris Merembet ke Rumah Warga Diduga Karena Ini

Peristiwa kebakaran lahan di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Kebakaran lahan kosong yang terjadi di wilayah Kelurahan Pesurungan Kidul Kota Tegal pada Selasa 14 November 2023 akhirnya berhasil dipadamkan. Proses pemadaman melibatkan sejumlah armada pemadam kebakaran beserta kendaraan AWS milik Polres Tegal Kota.

Belum diketahui pasti penyebab utama kebakaran lahan yang nyaris merembet ke perumahan warga. Namun, Polisi menduga ada sebab tertentu yang menyebabkan kebakaran.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan setelah menerima laporan adanya kebakaran lahan di wilayah, pihaknya langsung menerjunkan anggotanya. Personel Polri bersama masyarakat langsung membantu petugas damkar untuk memadamkan api. 

"Anggota Polri bersama Damkar dan warga sekitar terus berusaha menjinakan api. Itu, agar api dari kebakaran lahan tersebut tidak merembet ke pemukiman penduduk,"katanya.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Pesurungan Lor Tegal Bikin Panik Warga Perumahan

Menurut Kapolres, lokasi kebakaran berupa lahan kosong yang hanya ditumbuhi alang-alang. Di mana kondisinya sudah mengering akibat musim kemarau. 

"Untuk menangani hal tersebut, kami mengerahkan 3 kendaraan pemadam kebakaran. Serta 1 mobil AWC milik Polres Tegal Kota untuk memadamkan kebakaran tersebut,"ujarnya.

Kapolres menegaskan, berkat kerja keras petugas dan masyarakat api berhasil dipadamkan. Sebelum, merembet perumahan warga yang dekat dengan lokasi. 

Kapolres menambahkan, untuk penyebab kebakaran lahan belum diketahui pasti. Namun, diduga karena ada yang membuang puntung rokok secara sembarangan.

BACA JUGA:115 Kebakaran Lahan Terjadi di Kabupaten Brebes Selama Januari-Oktober

"Terkait kejadian itu, kami mengimbau agar masyarakat menghindari aktivitas yang bisa memicu timbulnya percikan api. Sepeti membakar sampah dan sebagainya, serta memastikan kondisi listrik aman untuk menghindari korsleting yang bisa memicu kebakaran,"pungkasnya. (*)

Sumber: