115 Kebakaran Lahan Terjadi di Kabupaten Brebes Selama Januari-Oktober

115 Kebakaran Lahan Terjadi di Kabupaten Brebes Selama Januari-Oktober

Petugas saat melakukan pemadaman lahan yang terbakar beberapa waktu lalu.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 115 kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Brebes. Kebakaran lahan paling mendominasi dari bencana kebakaran yang ada di Brebes yang mencapai 190 peristiwa.

Plt Kasi Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Linmas dan Damkar Kabupaten Brebes Sugiarto mengungkapkan, bencana kebakaran di Brebes mencapai 190 peristiwa. Namun, untuk kebakaran lahan paling mendominasi dari periode Januari hingga pertengahan Oktober ini.

"Dari keseluruhan bencana kebakaran, kebakaran lahan yang paling mendominasi. Total ada 115 peristiwa," ujarnya, Selasa 17 Oktober 2023.

Menurutnya, selain kebakaran lahan, kebakaran lain seperti rumau, kandak terbak milik warga hingga lainnya juga terjadi di Kabupaten Brebes. Seperti, gudang pembuatan mebel, ruko, warung dan lainnya.

BACA JUGA:Kronologi Kebakaran Gudang Kayu di Desa Winduaji Brebes, Penyebab Belum Diketahui

"Kalau kebakaran rumah kebanyakan dugaannya karena korsleting listrik. Dan ada juga, kebakaran rumah akibat kompor yang menyala ditinggal oleh pemiliknya," jelasnya.

Dia menambahkan, di musim kemarau seperti saat ini memang sering terjadi kebakaran lahan. Karenanya, dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu hati-hati saat membakar sampah atau lahan. 

"Jadi pastikan kalau sedang membakar sampah atau lahan apinya sudah padam. Sehingga, tidak menyebar kemana-mana," pungkasnya. (*)

Sumber: