Berapa Lama Galbay Pinjol Bisa Membuat Skor Kredit Buruk? Begini Tingkatannya

Berapa Lama Galbay Pinjol Bisa Membuat Skor Kredit Buruk? Begini Tingkatannya

Berapa lama galbay pinjol bisa membuat skor kredit buruk-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini akan membahas berapa lama galbay pinjol bisa membuat skor kredit buruk. Informasi ini penting untuk diketahui, terlebih lagi jika Anda gagal bayar cicilan dalam kurun waktu tertentu.

Berapa lama galbay pinjol bisa membuat skor kredit buruk ini khususnya jika Anda meminjam pada platform pinjaman online yang legal OJK. Berbeda halnya jika meminjam di platform ilegal yang tidak akan mempengaruhi SLIK OJK.

Berikut ini informasi berapa lama galbay pinjol bisa membuat skor kredit buruk. Ada tingkatan tertentu yang menentukan status riwayat kredit Anda.

Gagal bayar pinjol

Seseorang bisa mengalami atau memiliki skor kredit yang buruk karena gagal bayar cicilan. Nasabah yang tidak melunasi cicilannya sesuai tenor yang ditentukan, termasuk nasabah galbay.

BACA JUGA : Kenali 4 Ciri Surat Izin OJK Palsu agar Tidak Tertipu Pinjol Ilegal, Bisa Dilihat dari Jenis Font

Ada sejumlah hal yang akan dialami nasabah galbay sebelum akhirnya skor kreditnya menjadi rusak. Mulai dari ditagih terus menerus oleh pihak pinjol lebih dulu.

Sebab, pihak pinjol memiliki cara penagihan hutang tertentu terhadap nasabah galbay. Awalnya ditagih via media komunikasi entah pesan teks atau telepon.

Jika nasabah tidak responsif atau tidak kunjung membayar, maka pinjol akan mengirimkan surat peringatan untuk mendatangi rumah nasabah. Hal ini khususnya jika si nasabah mengajukan pinjaman pada perusahaan pinjol yang memiliki DC lapangan.

Nanti DC lapangan pinjol legal akan datang ke rumah nasabah galbay untuk menagih hutang secara langsung. Jika pinjol tidak memiliki debt collector lapangan, biasanya mereka akan menghubungi kontak darurat atau orang-orang terdekat nasabah.

Berapa lama galbay pinjol bisa membuat skor kredit buruk?

Ada sejumlah tingkatan skor kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK yang harus diketahui bagi peminjam pinjol atau kredit lainnya.

BACA JUGA : 3 Hal yang Membuat Pinjol Menghubungi Kontak Darurat, Jangan Kabur Kalau Tidak Mau Malu!

Tingkatan skor kredit SLIK OJK ini sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum. Adapun tingkatannya atau kolektibilitasnya sebagai berikut.

Sumber: