5 Bahan Dapur yang Bisa Hilangkan Jerawat Batu di Wajah, dari Perasan Lemon sampai Masker Mentimun

5 Bahan Dapur yang Bisa Hilangkan Jerawat Batu di Wajah, dari Perasan Lemon sampai Masker Mentimun

Bahan alami yang sering kita jumpai di dapur, ternyata efektif untuk hilangkan jerawat batu lebih cepat.--

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat jerawat batu. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang teh hijau miliki juga membuat teh hijau baik untuk mengatasi peradangan di kulit.

Saat ini ada banyak kosmetik yang mengandung ekstrak teh hijau karena dapat memberikan respons anti-inflamasi yang baik saat kulit mengalami peradangan.

Cara menggunakan teh hijau untuk wajah sama seperti penggunaan air perasan lemon. Anda hanya perlu menyeduh teh hijau, kemudian celupkan kapas ke dalam air seduhan tersebut.

Setelah itu oleskan ke wajah atau menggunakan kapas tersebut. Setelah didiamkan selama 10 hingga 15 menit, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dapat mengatasi masalah jerawat batu. Untuk mengaplikasikannya pada wajah, haluskan satu siung bawang putih. Kemudian, oleskan ke area wajah yang berjerawat.

BACA JUGA: Tips Memilih Sunscreen untuk Remaja Supaya Kulit Wajah Tak Belang dan Iritasi, Jangan Asal Cari yang Murah!

Setelah itu, Anda cukup menunggu hingga beberapa menit sampai bawang putih tersebut meresap di wajah dan mengering. Selanjutnya, bilas wajah Anda menggunakana air hangat sampai bersih.

4. Tomat

Manfaat tomat salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat batu. Hal ini karena tomat mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu.

Menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat batu bisa dengan dua cara. Pertama, Anda bisa mengonsumsi tomat sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu. Cara kedua adalah dengan membuat masker tomat atau mengaplikasikan tomat secara langsung pada wajah.

Jika ingin membuat masker tomat, haluskan satu buah tomat kemudian tempelkan pada wajah selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Jika Anda memilih mengaplikasikannya secara langsung, Anda cukup menggosokkan potongan buah tomat ke area wajah yang berjerawat.

BACA JUGA:5 Bedak Wardah Terbaik yang Cocok untuk Wanita 50 Tahunan, Kulit Wajah Lebih Fresh Sepanjang Hari

5. Mentimun 

Sumber: