5 Bahan Dapur yang Bisa Hilangkan Jerawat Batu di Wajah, dari Perasan Lemon sampai Masker Mentimun

5 Bahan Dapur yang Bisa Hilangkan Jerawat Batu di Wajah, dari Perasan Lemon sampai Masker Mentimun

Bahan alami yang sering kita jumpai di dapur, ternyata efektif untuk hilangkan jerawat batu lebih cepat.--

Masalah jerawat adalah hal yang paling orang-orang benci, Itulah sebabnya banyak orang yang mencari cara untuk hilangkan jerawat, termasuk jerawat batu. Terutama bagi remaja, usia remaja adalah usia yang rentan terkena masalah ini.

Jerawat batu merupakan jenis jerawat pada wajah yang ciri-cirinya terdapat kemerahan dan benjolan lembut yang di dalamnya berisi nanah. Jenis jerawat ini terkadang dapat menimbulkan bekas berupa kemerahan atau bahkan lubang di wajah yang tak mudah hilang.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat ini, antara lain siklus menstruasi, hormon, penggunaan kosmetik, konsumsi makanan yang tidak sehat atau berlebihan, dan bahkan stress berkepanjangan.

5 Cara alami hilangkan jerawat batu

Hal yang patut Anda hindari saat terkena jerawat batu adalah memencet jerawat dengan tangan. Tangan yang terbiasa melakukan banyak hal belum tentu bersih saat menyentuh wajah. Karena itu hindari memencet atau menyentuh jerawat untuk mengurangi resiko peradangan.

BACA JUGA: Jangan sampai Salah Perlakuan, Ini 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Gampang untuk Mengetahuinya

Berikut 5 bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat batu.

1. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung asam sitrat atau senyawa yang merupakan jenis AHA alami. Asam sitrat dapat memecah sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat batu.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah sebagai penyebab jerawat dan mengatasi peradangan karena jerawat. Karena itu, buah ini dapat berfungsi untuk mengatasi dan menyebab jerawat.

Cara untuk mengaplikasikannya pada wajah adalah dengan menyiapkan air perasan lemon terlebih dahulu. Kemudian, celupkan kapas ke dalam air perasan lemon tersebut. Setelah itu, tempel kapas tersebut di area wajah yang berjerawat.

Selanjutnya, Anda cukup mendiamkannya selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

BACA JUGA: Facial Wash Ini Sangat Efektif Hilangkan Jerawat Batu, Cuma Seminggu Kulit Wajah Mulus Lagi

2. Teh Hijau

Sumber: