Jadi Angkutan Umum Natal dan Tahun Baru, 43 Armada Bus Disiapkan Dishub

Jadi Angkutan Umum Natal dan Tahun Baru, 43 Armada Bus Disiapkan Dishub

RAPAT - Bidang Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal bersama pengurus PO membahas kesiapan angkutan umum Nataru.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 43 armada bus bakal disiapkan sebagai angkutan umum menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Selain itu, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di terminal, Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal juga akan melakukan pemasangan CCTV. Hal tersebut bertujuan untuk memantau armada bus atau angkutan umum.

Termasuk kendaraan yang parkir dan penumpang yang akan diberangkatkan dari Terminal Dukuhsalam Slawi menggunakan angkutan umum.

Langkah persiapan menghadapi libur Nataru ditempuh Dinas Perhubungan dengan menggelar rapat kesiapan angkutan umum guna menghadapi lonjakan arus mudik dan balik. 

BACA JUGA:Guys, Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan Loh

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Terminal Agil Suprayogi menyatakan, rapat internal kali ini digelar bersama dengan pengurus perusahaan yang menyediakan angkutan umum.

Di antaranya, Oto Bus Sinar Jaya, Dewi Sri, Dedi Jaya, Setia Negara, dan Menara Dewantara.

"Dishub Kabupaten Tegal menekankan perlu adanya langkah antisipasi terhadap kenaikan jumlah penumpang dan pemenuhan standar keselamatan bus yang beroperasi," ujarnya Kamis 9 November 2023.

Sebagai gambaran awal mengenai kebutuhan angkutan umum, Agil mengungkap data pada periode arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru 2022. Tercatat 5.567 penumpang diberangkatkan dari Terminal Dukuhsalam Slawi. 

BACA JUGA:Hadapi Natal dan Tahun Baru, Jalur Kereta Api Semarang-Tegal Diperiksa

"Diprediksi untuk tahun 2023 ini akan ada kenaikan sebesar 20-25 persen dari tahun lalu, dengan puncak arus penumpang di terminal diprediksi akan terjadi pada 24-26 Desember 2023 mendatang," tandasnya.

Pihaknya berharap, semua PO dapat menyiapkan armadanya. Tentunya, armada angkutan umum yang berizin, melaksanakan uji berkala dan memenuhi standar keselamatan atau laik jalan.

Sekaligus mengingatkan kepada pengemudi angkutan umum bus AKAP agar selalu menjaga kesehatan dan dalam kondisi yang prima serta tidak dalam keadaan mabuk. 

"Dalam kesempatan tersebut PO siap menyiapkan 43 armada bus untuk operasional dalam menyambut Angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Dukuhsalam Slawi,  sehingga tidak ada penumpang yang terlantar," ungkapnya. (*)

Sumber: