Hadapi Natal dan Tahun Baru, Jalur Kereta Api Semarang-Tegal Diperiksa

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Jalur Kereta Api Semarang-Tegal Diperiksa

Pemeriksaan jalur Kereta Api Semarang-Tegal--

RADAR TEGAL - PT KAI Daerah Operasional (Daop) IV melakukan pemeriksaan jalur Kereta Api Semarang-Tegal, Senin 4 September 2023. Kegiatan dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur angkutan Kereta, utamanya menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Selain jalur kereta api, pemeriksaan juga dilakukan terhadap sejumlah stasiun di wilayah Daop IV Semarang. Yakni, stasiun Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang hingga Tegal.

Kepala Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo saat berada di stasiun Tegal mengatakan pemeriksaan yang pihaknya lakukan itu, dalam rangka kesiapan menghadapi masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pemeriksaan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dengan memeriksa kondisi jalur kereta api.

"Selain jalur, kita juga memeriksa 19 stasiun yang ada. Mulai dari Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang hingga Tegal,"katanya.

Menurut Wisnu, pihaknya berupaya untuk mewujudkan angkutan kereta yang aman dan nyaman serta keselamatan perjalanan. Sehingga, pihaknya melakukan pemeriksaan untuk melihat langsung kondisi prasarana di lintas.

"Itu, meliputi keandalan jalur kereta api dan persinyalan, daerah rawan, fasilitas layanan pelanggan. Serta kebersihan yang berada di stasiun, juga kesiapan SDM kereta api di setiap wilayah," jelas Wisnu.

Wisnu menegaskan pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan terus menerus. Saat ini pemeriksaan baru dilakukan di wilayah barat.

"Nantinya ini akan berlanjut baik untuk di wilayah selatan yang membentang dari Semarang - Gundih maupun wilayah timur Daop IV Semarang - Cepu,"tegasnya.

Hasil pemeriksaan, kata Wisnu, akan dijadikan bahan evaluasi dan kesiapan Daop IV. Utamanya dalam menghadapi Natal dan tahun baru.

"Kita berharap, dengan adanya upaya ini akan mampu menciptakan kondisi operasi kereta api yang aman, nyaman dan selamat. Serta adanya peningkatan layanan pelanggan di stasiun wilayah Daop 4 Semarang,"pungkasnya. ***

Sumber: