Kawal Tahapan Pemilu, Polres Tegal Gelar Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024

Kawal Tahapan Pemilu, Polres Tegal Gelar Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024

PENGAMANAN MELEKAT - Selama berlangsungnya tahapan pemilu, personel Satgasres lakukan pengamanan melekat di sejumlah kantor pelaksana kegiatan pemilu.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal memastikan serius mengawal tahapan pemilu damai yang sudah berlangsung saat ini. Langkah tersebut dilakukan dengan menggelar Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024. 

Untuk mengamankan tahapan pemilu, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK membentuk 6 Satuan Tugas Resor (Satgasres) selama operasi tersebut berlangsung.

Perwira asal Surabaya ini menunjuk 50 Personel Polres Tegal dengan surat perintah (Sprin/1523/X/Ops.1.1.1./ 2023) sebagai Satgasres Preventif. Surat perintah itu dalam rangka pemeliharaan kamtibmas pada tahapan pemilu.

Mulai dari pendaftaran capres, cawapres, anggota DPR DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD Pemilu 2024. 

BACA JUGA:Pemilu 2024, MUI Kabupaten Tegal: Carilah yang Kejelekannya Paling Sedikit

Kasat Samapta AKP Surahno S.H., M.H. kali ini dipercaya sebagai Kasatgasres Preventif. Kasat mendapatkan tugas khusus dari Kapolres Tegal untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan gangguan kamtibmas.

Tugas tersebut terbagi dalam Subsatgas Pengamanan Melekat Kantor Penyelenggara Pemilu (KPU  dan Bawaslu), Subsatgas Pam Obyek Kegiatan, Subsatgas Pam Obyek Penting dan Subsatgas Sterilisasi.

Jadwal penugasan Satgasres Preventif

Selain siap personel, Satgasres Preventif telah menerbitkan jadwal penugasan yang rutin dilaksanakan setiap hari selama tahapan pemilu berlangsung. 

Mulai Apel Kesiapan Kasatgas sampai dengan Kasubsatagas yang akan dilaporkan secara langsung ke Kapolres Tegal dan Posko Operasi Daerah Jawa Tengah serta Posko Operasi Pusat Mabes Polri.

BACA JUGA:Jelang Kampanye Pemilu 2024, Polisi yang Berjaga di KPU dan Bawaslu Dicek Kesehatannya

"Penugasan telah berjalan selama 16 hari, dan semoga tetap dapat mempertahankan stabilitas keamanan di Kabupaten Tegal dalam rangka menyukseskan seluruh tahapan pemilu 2023-2024 sebagai pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu seluruh masyarakat di Indonesia," tandasnya, Jumat 3 November 2023.

Dia menegaskan bahwa Satgasres tersebut adalah Satgasres Preemtif, Satgasres Preventif, Satgasres Gakkum (Penegakan Hukum), Satgasres Kamseltibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancara Lalu Lintas), Satgasres Humas (Hubungan Masyarakat), dan Satgasres Banops (Bantuan Operasi).

"Pembentukan Satgasres sesuai dengan Surat Perintah yang saya keluarkan dengan nomor  Sprin/1523/X/Ops.1.1.1./ 2023," terangnya. 

Sumber: