Viral McDonald's Hiasi Gerainya dengan Ornamen Palestina, Netizen: Maaf Ayam Geprek Lebih Menggoda

Viral McDonald's Hiasi Gerainya dengan Ornamen Palestina, Netizen: Maaf Ayam Geprek Lebih Menggoda

Salah satu gerai McDonald menghiasi halaman dalamnya dengan ornamen Palestina, ditengah-tengah maraknya aksi boikot McDonlad's di sejumlah negara.-foto: tangkapan layar akun instagram @terangmedia.-

RADAR TEGAL - Aksi boikot terhadap brand-brand yang dianggap pro dengan Israel seperti McDonald's masih terus berlanjut di kawasan negara-negara kawasan Timur Tengah. Bersamaan dengan itu, ikut viral gerai McDonald's yang memajang ornamen Palestina.

Selain warna-warna hitam, merah, hijau, dan putih, ada juga bendera Palestina dan balon yang dibentuk beraneka macam dengan warna khas bendera Palestina. Bisa jadi aksi tersebut dilakukan untuk meminimalisasi aksi boikot, yang sudah meruntuhkan nilai saham McDonald's.

Tak hanya terhadap McD, aksi boikot terhadap produk-produk yang dianggap pro Israel juga menyasar brandbrand lainnya. Di antaranya produk PepsiCo, Walt Disney, Starbucks, KFC, hingga Netflix.

Benar saja, aksi boikot tersebut membuat sejumlah saham perusahaan-perusahaan yang dianggap pro Israel rontok di bursa. Saham McDonald's misalnya, sejak aksi boikot itu merebak nilainya jatuh ke level terendah sejak 12 Oktober 2022, hingga mencapai US$245,5 per saham.

Anjloknya nilai saham perusahaan produk makanan cepat saji itu diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga beberapa waktu mendatang. Apalagi serangan militer Israel ke Gaza, Palestina saat ini semakin massif.

Tak mau terus-terusan terpuruk, berbagai cara pun dilakukan perusahaan-perusahaan yang diboikot tersebut. Tujuannya agar kelangsungan bisnisnya tidak terdampak lebih buruk lagi oleh perang Israel-Palestina tersebut.

Salah satunya seperti yang dilakukan gerai McDonald's yang belum diketahui persis lokasinya untuk mencegah dampak lanjutan dari aksi boikot tersebut. Upaya itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan Palestina.

Mengutip unggahan akun Instagram @terangmedia, terdapat kompilasi foto dan video yang menampilkan suasana di dalam salah satu gerai McDonald's. Di dalamnya tampak berbagai macam hiasan berornamen Palestina seperti balon yang berwarna putih, hitam, hijau, dan merah.

Tidak hanya itu, tampak pula pramusaji atau pegawainya yang memakai syal Palestina di lehernya. Meskipun belum diketahui pasti di mana gerai McDonald's tersebut, tampak suasananya seperti di daerah rumpun Melayu.

Komentar netizen tentang aksi boikot McDonald's

Unggahan tersebut pun langsung ramai-ramai dikomentari netizen Tanah Air. Hingga, Jumat 3 November 2023 pukul 10.30 WIB, unggahan tersebut sudah dilike 809 akun dan dikomentari 143 netizen.

Kendati rata-rata netizen mendukung aksi boikot tersebut, tetapi ada juga yang mempertanyakan tentang maksud dan tujuannya. Di antara komentar-komentar netizen itu, banyak yang membuat geli dengan mengajak mesyarakat untuk lebih mencintai ayam geprek.

Seperti yang diungkapkan akun @edi_suariyanto yang menuliskan komentarnya, "Udah paling bener makan ayam geprek aja (emotikon ayam)."

Komentar itu pun langsung memicu komentar-komentar lainnya, seperti yang dituliskan oleh akun @uvc7084, "Enak Hiz*** satu paket sama air minum. Saat waktunya sholat tutup sebentar (emotikon tepuk tangan dan api) free Palestine."

Sumber: