Wanita Harus Tahu, Ini 5 Cara Ampuh Merawat Motor Matic supaya Tetap Prima

Wanita Harus Tahu, Ini 5 Cara Ampuh Merawat Motor Matic supaya Tetap Prima

Cara merawat motor matic | Foto: Wahana Honda--

RADAR TEGAL – Kini motor matic banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya perempuan. Begini cara merawat motor matic supaya tetap awet.

Banyaknya peminat motor matic menjadikan banyak pabrik motor berlomba-lomba memasarkan motor maticnya. Misalnya saja Honda, yang mengeluarkan motor Vario.

Anda tentu sudah tahu dengan motor tersebut. Vario memiliki beragam tipe seperti Bario 110,  Vario Techno 125, hingga Vario 150 yang memiliki sistem pembakaran karburator ataupun injeksi.

Namun sayangnya, banyak beberapa dari Anda yang masih kurang memperhatikan motor matic. Baik motor baru atau bekas, nyatanya perlu Anda rawat supaya bisa tetap awet.

Melansir dari Wahanahonda.com, berikut cara merawat motor matic.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Motor Matic Paling Irit Bensin, Cocok untuk Anda yang Hobi Jalan-Jalan

5 Cara Ampuh Merawat Motor Matic

1. Rutin Panaskan Mesin pada Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa memanaskan motor merupakan sebuah cara dalam merawat motor dengan memanaskan mesin supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa dari mesin tersebut lebih maksimal. Adapun cara memanaskan mesin motor matic yakni dengan panaskan motor kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Sebaiknya menggunakan kick stater saja apabila menggunakan stater elektrik, akan lebih mengurangi baterai dari motor tersebut.

2. Check Kondisi Vanbelt dan Roler

Melakukan pemeriksaan terhadap kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan bagi pemilik motor matic. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi.

Apalagi sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  motor matic lebih terjamin karena pasti lebih awet.

BACA JUGA: Motor Matic Terlaris Tahun 2023 dengan Mesin Terbaik dan Harga Terjangkau, Apakah Honda BeAT masuk?

3. Lakukan Ganti Oli secara Berkala

Mengganti oli secara berkala merupakan salah satu perawatan motor yang paling penting juga lho. Lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km.

Namun, apabila acuan kilometer untuk ganti oli lupa, maka sebaiknya lakukan perawatan rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan sampai lupa untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang Anda miliki, ya.

4. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Dalam emnjada dan merawat motor matic, terdapat kebiasan buruk yang sering dilakukan oleh beberapa orang yakni kehabisan bensin.

Jangan sampai motor matic Anda berhenti dijalan karena kehabisan bensin ya. Hal ini karena bisa merusak mesin motor tersebut.

Oleh karena itu,  usahkan motor matic jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakanlah motor berisi bahan bakar full untuk mengantisiapasi hal tersebut, ya.

BACA JUGA: Vespa Corsa, Motor Matic Pertama di Indonesia Ternyata Bukan Yamaha Nouvo!

5. Perawatan Aki

Tahukah Anda bahwa tidak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami Mati AKI. Apabila hal tersebut terjadi, tentu Anda akan kehilangan power dari motor.

Selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupkan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Demikian ulasan mengenai  cara merawat motor matic.  Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: