Pelaku UMKM di Brebes Diberi Pelatihan Kemasan Produk

Pelaku UMKM di Brebes Diberi Pelatihan Kemasan Produk

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkopumdag Kabupaten Brebes Lusiana Indira Isni saat sambutan diacara pelatihan kemasan bagi UMKM.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 50 Pelaku UMKM di Kabupaten Brebes mengikuti pelatihan kemasan produk dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes, Senin 23 Oktober 2023. Ke-50 peserta itu merupakan perwakilan peserta dari wilayah Brebes selatan dan utara.

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkopumdag Kabupaten Brebes Lusiana Indira Isni mengatakan, kegiatan tersebut bersumber dari DAK Non Fisik dinas setempat. Untuk hari ini, total ada 25 peserta selama tiga hari dan 25 peserta dari Brebes selatan tiga hari selanjutnya. Di mana, kemasan produk saat ini menjadi salah satu faktor penentu daya tarik pembeli.

"Tidak memungkiri penampilan kemasan menjadi daya tarik pembeli atau konsumen. Jadi, kami memberikan pelatihan ke 50 pelaku UMKM yang ada di Brebes bagian utara dan selatan," ujarnya.

Dia menjelaskan, jika sebuah produk memiliki kemasan yang lebih baik, maka konsumen akan mudah mengingatnya. Jika sudah ingat, lanjutnya, konsumen kemudian akan membeli produk tersebut.

"Memang ada pepatah 'Don't judge a book by its cover' atau jangan melihat buku dari sampulnya. Tapi, dalam pelaku usaha penampilan dirasa sangat penting menarik pembeli," jelasnya.

Lusi menambahkan, dengan tampilan produk yang baik maka bisa bersaing dengan produk lain. Karenanya, dia berharap dengan pelatihan tersebut produk UMKM asli Brebes bisa bersaing dengan produk lainnya.

"Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, pemilik usaha di Brebes bisa memberikan penampilan yang lebih baik di kemasan mereka masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkopumdag Kabupaten Brebes Zaenudin mengatakan, pelatihan ini selalu dinanti oleh para pemilik usaha. Di mana, mereka ingin mengetahui bagaimana kemasan yang diminati oleh para konsumen.

"Dan hingga saat ini, produk UMKM yang kemasannya sudah bagus cukup banyak. Bahakan, sudah ada yang masuk ke minimarket. Jadi, kami berharap dengan adanya pelatihan ini kemasan produk UMKM bisa lebih baik lagi," pungkasnya.(*)

Sumber: