4 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Picu Penuaan Dini, Dua di Antaranya Merokok dan Begadang

4 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Picu Penuaan Dini, Dua di Antaranya Merokok dan Begadang

KEBIASAAN - Sejumlah kebiasaan buruk sehari-hari, tanpa kita sadari ternyata bisa menjadi pemicu proses penuaan dini.--

Selain penuaan dini, kebiasaan kurang tidur juga dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi sehingga produktivitas sehari-hari pun terganggu.

Penuaan memang bagian dari proses alami tubuh, tetapi jangan disamakan dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat sobat hindari, salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk ini.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan turut memengaruhi kondisi kulit wajah. Beberapa contoh makanan yang bisa memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan, misalnya roti atau pasta, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

Kedua jenis makanan tersebut dapat merusak kolagen pada kulit. Anjuran untuk membatasi konsumsi jenis makanan lain, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan daging berlemak.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan, anggur, buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

BACA JUGA: Yuk Cerahkan Wajah dan Cegah Penuaan Dini dengan 1 Bahan Utama Ini

BACA JUGA: Tiga Merk Minyak Zaitun yang Bagus Atasi Penuaan Dini dan Bikin Glowing

4. Tidak Memakai Sunscreen

Sinar ultraviolet (UV) dapat merusak jaringan elastin pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya.

Selain penuaan dini, sinar matahari juga membuat kulit menjadi kusam dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Tidak hanya itu, sering terpapar sinar matahari juga bisa memicu munculnya bintik berwarna kecokelatan pada wajah, tangan, dan area tubuh lain, sehingga penampilan tampak lebih tua.

Agar terhindar dari bahaya sinar matahari, gunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama pada pukul 11.00–15.00, baik saat cuaca panas atau mendung.

Itulah artikel tentang kebiasaan-kebiasaan buruk pemicu penuaan dini, yang harus Anda hindari mulai saat ini. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: