4 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Picu Penuaan Dini, Dua di Antaranya Merokok dan Begadang

4 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Picu Penuaan Dini, Dua di Antaranya Merokok dan Begadang

KEBIASAAN - Sejumlah kebiasaan buruk sehari-hari, tanpa kita sadari ternyata bisa menjadi pemicu proses penuaan dini.--

RADAR TEGAL - Tidak bisa dipungkiri, penuaan dini menjadi hal yang paling menakutkan untuk anak muda saat ini. Apalagi ternyata hal itu bisa terjadi lantaran kebiasaan buruk yang banyak dan kerap dilakukan generasi-generasi z tersebut.

Sejumlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memicu penuaan dini tersebut harus dihindari mulai sekarang. Sekadar informasi, proses tersebut ternyata tidak memandang usia sebagaimana yang kerap kita ketahui selama ini.

Tentunya Anda juga tidak mau kan, usia masih muda namun mukanya sudah terdapat garis-garis sehingga terlihat tua. Biasanya penuaan dini sering diawali dengan kulit wajah yang sangat kusam, seperti tidak pernah mendapat perawatan.

Hanya saja harus diingat, perawatan kulit wajah yang intensif sekalipun, yang tidak seimbang dengan kebiasaan baik akan sia-sia. Itulah sebabnya Anda harus mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus dihindari, agar penuaan dini tidak terjadi.

BACA JUGA: Cukup 50 Ribuan, 4 Sunscreen Ini Bisa Cegah Penuaan Dini Akibat Sinar UV Agar Kulit Tetap Awet Muda

4 kebiasaan buruk yang bisa mempercepat wajah terlihat tua dari usianya

1. Merokok

Kebiasaan buruk ini tidak hanya bisa memicu proses wajah terlihat tua, tetapi juga tidak menyehatkan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kebiasaan merokok juga dapat memicu munculnya tanda penuaan dini.

Berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida, dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh dan terhambatnya peredaran darah ke area wajah.

Hal tersebut bisa mempercepat munculnya keriput dan wajah pun terlihat lebih kusam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

2. Sering Begadang

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan penuaan dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk wajah terlihat tua dari usianya.

BACA JUGA: Uban Rambut Mulai Tumbuh? Gunakan Belimbing Wulung dengan Racikan Ini Dijamin Hilangkan Masalah Penuaan Dini

BACA JUGA: Penuaan Dini: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sumber: