Waspada Penyakit Tidak Menular, Anggota DPRD Minta Warga untuk Lakukan Hal ini

Waspada Penyakit Tidak Menular, Anggota DPRD Minta Warga untuk Lakukan Hal ini

Anggota DPRD Brebes (kiri) saat menghadiri Sosialisasi Penyakit Tidak Menular atau PTM di Desa Sigambir, Kecamatan Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Anggota DPRD Brebes M. Nizwar Alfisyarin meminta masyarakat untuk waspada Penyakit Tidak Menular. Hal itu disampaikannya dalam acara Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyerahan POSBINDU Kit kepada peserta di Aula Desa Sigambir, Kecamatan Brebes, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Selain acara itu, kegiatan lainnya juga dilakuka Penyerahan POSBINDU Kit kepada peserta.

Acara ini juga dihadiri Anggota Komisi E DPRD Jateng, Joko Hariyanto dan Anggota Komisi IV DPRD Brebes M. Nizar Alfisyarin. Dan pejabat Dinkes Jateng.

Anggota DPRD Brebes M. Nizwar Alfisyarin meminta masyarakat Kabupaten Brebes untuk perlu mewaspadai penyakit tidak menular. Menurutnya penyakit tidak menular kerap terjadi, karena banyak dari penderitanya tidak mengetahui dirinya sedang sakit.

BACA JUGA:Anggota DPRD Brebes Beri Catatan Kinerja ke Pj Bupati

BACA JUGA:DPRD Brebes Minta Pemkab Tunda Pekerjakan Tenaga Outsourcing : Penataan Honorer Tuntaskan Dulu

"Faktor risiko tertinggi penyebab kematian dan kesakitan dari penyakit tidak menular adalah hipertensi, merokok, asupan gula, garam dan lemak tinggi. Serta indeks massa tubuh tinggi (berat badan berlebih)," ungkapnya.

Karenanya, pola hidup sehat perlu dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Brebes. Jika pola hidup sehat terjaga dengan baik, maka akan meminimalisir bahaya penyakit tidak menular. Termasuk olahraga yang teratur.

"Salah satu pencegahan yakni rajin olahraga. Jangan lupa cek kesehatan rutin, enyapkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang. Dan juga istirahat cukup serta kelola pikiran agar terhindar dari stres," jelasnya.

Sebenarnya jika faktor risiko dan penyakit tidak menular segera diketahui lebih dini maka angka kesakitan dan kematian akibat penyakit ini dapat ditekan. Termasuk, produktifitas dan kualitas hidup masyarakat bisa menjadi meningkat.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Sekretariat DPRD Brebes Tandatangan Pakta Integritas Netralitas ASN

"Harapan kami, kita semua bisa selalu terjaga kesehatannya. Termasuk sering memeriksa kesehatannya," pungkasnya. (*)

Sumber: