Daerah Rawan pada Pemilu 2024 Pemalang Jadi Perhatian Serius, Ini Pola Pengamanan yang Disiapkan Polres

Daerah Rawan pada Pemilu 2024 Pemalang Jadi Perhatian Serius, Ini Pola Pengamanan yang Disiapkan Polres

Kapolres dan Bupati Pemalang mengecek pasukan Operasi Mantap Brata Candi di Alun-alun Pemalang yang disiapkan untuk pengamanan Pemilu 2024.-M Ridwan-

RADAR TEGAL - Sejumlah daerah di Pemalang masuk kategori rawan pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Daerah tersebut masuk kategori rawan karena jumlah DPT nya lebih dari 300 pemilih.

Karena itu, daerah rawan pada Pemilu 2024 menjadi perhatian serius Polres Pemalang. Hal ini mengemuka saat Polres Pemalang menggelar Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 di Alun-alun Kabupaten Pemalang, Jumat 20 Oktober 2023.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 dipimpin Forkopimda dan diikuti seluruh unsur pengamanan dari TNI-Polri dan stakeholder terkait.

“Kita pastikan seluruh unsur pengamanan, termasuk sarana prasarananya siap, dalam pengamanan Pemilu 2024,” kata Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya.

BACA JUGA:Polres Tegal Terjunkan 610 Personil untuk Pengamanan Pemilu 2024, Begini Strategi yang Disiapkan

Kapolres mengatakan, Polres Pemalang menurunkan secara penuh, dua pertiga dari kekuatan pasukan yang ada dalam gelaran Operasi Kepolisian terpusat Mantap Brata Candi 2023-2024.

“Kami di-back up penuh oleh jajaran Kodim 0711 Pemalang, serta elemen-elemen lainnya. Juga disupport oleh linmas dan semua stakeholder terkait,” kata Kapolres.

AKBP Yovan menyampaikan, untuk menjamin keamanan di 4.687 TPS yang ada di Pemalang, pola pengamanan yang diterapkan akan disesuaikan berdasarkan kategori dan tingkat kerawanan di TPS. 

Daerah rawan, ujar Kapolres, yakni tempat dengan jumlah DPT lebih dari 300, namun lokasinya jauh dan aksesnya cukup sulit untuk dijangkau.

BACA JUGA:Intensifkan Patroli Dialogis, Polres Pemalang Mulai Kawal Tahapan Pemilu 2024

“Namun kita sudah siapkan semua daya upaya dan potensi yang dimiliki, agar pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi Polres Pemalang yang telah menunjukkan kesiapannya dalam pengamanan Pemilu 2024, baik personil maupun sarana prasarana yang ada.

“Tidak hanya itu, kami juga mengapresiasi adanya deklarasi damai dari peserta pemilu, sehingga kami harapkan Pemilu 2024 yang akan datang berjalan sukses dan lancar,” kata Mansur. (*)

Sumber: