Polres Tegal Terjunkan 610 Personil untuk Pengamanan Pemilu 2024, Begini Strategi yang Disiapkan

Polres Tegal Terjunkan 610 Personil untuk Pengamanan Pemilu 2024, Begini Strategi yang Disiapkan

Jejaring sinergitas Polres Tegal dan TNI serta stakholder terkait dalam pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Sedikitnya 610 personil Polres Tegal diterjunkan untuk pengamanan Pemilu 2024. Mereka nantinya akan ditempatkan di tiap-tiap TPS, disamping menerjunkan tim Dalmas dan Remas.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK usai memimping gelar apel sinergitas Operasi Mntab Brata dilapangan Aspol Kalibliruk, Jumat 20 Oktober 2023. Apel kali ini diikuti Kodim 0712 Tegal, Satradar, Lanal Tegal, Denpom IV/1-3 Tegal, KPU, Bawaslu, Pemkab Tegal, Dishub, Satpol PP, Linmas Kabupaten Tegal, dan FKUB. 

“Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 berlangsung serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan instansi terkait dan juga menggelar sarana prasana pendukung tugas pengamanan masing-masing instansi. Sebagai kesiapan mengamankan tahapan-tahapan pada pesta demokrasi yang sudah dimulai sejak kemarin 19 Oktober 2023 di tahapan pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden," ujarnya.

Operasi ini, kata Kapolresm berbarengan dengan Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi Besar Persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok. Guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai. 

BACA JUGA:Intensifkan Patroli Dialogis, Polres Pemalang Mulai Kawal Tahapan Pemilu 2024

BACA JUGA:3.815 Kotak Suara Pemilu 2024 Berbahan Karton Duplex Kedap Air Siap Dikirim ke KPU Kota Tegal

"Kami akan membuat pola pengamanan berdasarkan tahapan pemilu sesuai kebutuhan. Untuk tahapan pendaftaran capres dan cawapres kami siapkan 104 personel, sedangkan pada puncaknya akan kami siapkan 610 personel Polres tegal, yang tentunya akan bersinergi dengan seluruh instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Tegal," ungkapnya.

Sementara Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman menyatakan siap mendukung Operasi Mantap Brata  Candi 2023 - 2024, mengingat telah terjalin kerjasama antara Panglima dan Kapolri terkait bantuan pengamanan yang telah dirumuskan pada tingkat pusat. (*) 

Sumber: