Kenali 5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kinerja AC Dalam Rumah Saat Cuaca Sedang Panas-panasnya

Kenali 5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kinerja AC Dalam Rumah Saat Cuaca Sedang Panas-panasnya

Cuaca Sedang Panas Banget, Ini Cara Efektif Meningkatkan Kinerja AC di Rumah Kamu--Picture By jcomp on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Selain itu memasang termostat di tempat yang cocok juga bisa menjadi cara efektif meningkatkan kinerja AC di rumah.

Caranya adalag menempatkan termostat di dinding yang terpapar banyak panas dari jendela. Jika termostat terkena udara panas yang masuk melalui jendela, maka secara otomatis termostat akan lebih sering menyala. Sedangkan jika ditempatkan ke tempat yang dingin maka AC tidak aka bekerja lebih dari yang diperlukan.

4. Membatasi Penggunaan Alat-alat Penghasil Panas

Alat-alat dapur dan cuci, seperti mesin pengering dan oven, menghasilkan hawa panas saat digunakan. Hawa panas ini dapat memicu AC untuk bekerja lebih keras. Untuk menghemat daya AC, Anda dapat merencanakan jadwal untuk menggunakan alat-alat tersebut pada pagi atau sore hari, ketika suhu udara lebih dingin.

5. Menyesuaikan Suhu Saat Malam Hari

Suhu udara yang panas dapat mengganggu tidur, sehingga Anda perlu menurunkan suhu AC. Namun, untuk menghemat daya, Anda bisa memprogram termostat agar suhu AC kembali naik setelah anggota keluarga tidur.

BACA JUGA:5 Langkah Ini Efektif Bikin AC Tidak Cepat Kotor, Dijamin Unit Awet dan Tetap Sedingin Salju

Nah jadi itulah kelima cara efektif yang dapat anda terapkan guna memaksimalkan atau meningkatkan kinerja AC di rumah melawan cuaca panas.

Akhir kata

Dengan menerapkan lima cara di atas, Anda dapat membantu AC di rumah Anda bekerja lebih efisien dan hemat daya. Hal ini tentu saja akan menghemat biaya tagihan listrik Anda.

Selain itu, dengan menjaga kinerja AC tetap optimal, Anda juga dapat menjaga kualitas udara di ruangan agar tetap nyaman dan sehat.(*)

Sumber: