Pola Makan dan gaya Hidup Tidak Sehat Dapat Memicu Kolestrol di Usia Muda, ini Gejala dan Cara Penangannya

Pola Makan dan gaya Hidup Tidak Sehat Dapat Memicu Kolestrol di Usia Muda, ini Gejala dan Cara Penangannya

Pola Makan dan gaya Hidup Tidak Sehat Dapat Memicu Kolestrol di Usia Muda, ini Gejala dan Cara Penangannya--Picture By: Lifestylememory on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Cukup berbahaya jika terkena penyakit kolestrol di usia muda, selain bisa memicu berbagai penyakit mematikan kolestrol juga bisa menghancurkan mimpi anak bangsa.

Umunya penyakit kolsetrol biasa diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, namun nyatanya, penyakit kolestrol di usia muda sudah banyak terjadi bahkan dalam berbagai kasus bisa menimbulkan kematian.

Adapun kolestrol di usia muda bisa disebabkan oleh gaya hidup yang berlebihan serta mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bagi tubuh, sungkan berolahraga, dan beberapa hal lainnya.

Lantas bagaimana cara mencegah penyakit kolestrol di suia muda? Untuk mencegah penyakit tersebut mestilah menerapkan gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat.

BACA JUGA:5 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Bisa Dikonsumsis Untuk Kamu yang Bosan Makan Nasi Putih

Berikut adalah contoh gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit kolestrol pada usia muda:

1. Berolahraga secara teratur

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan berohlahraga secara teratur mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh serta dapat meningkatkan kadar kolestrol baik.

2. Membatasi asupan gula

Adapun dengan membatasi asupan gula dapat mecegah atau menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Gula sendiri dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, yang merupakan jenis lemak berbahaya yang mampu meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

3. Berbenti merokok

Merokok sendiri sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, selain bisa menyebabkan kanker paru-paru, rokok juga bisa meningkatkan kadar kolestrol jahat dan menurunkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

4. Membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans

Sama seperti gula, asupan lemak jenuh dan lemak trans yang masuk ke dalam tubuh juga harus dibatasi. Lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Sumber: