Donasi ASN Sasar 426 Balita Stunting di Jatinegara Kabupaten Tegal, Bupati: Progresnya Sangat Baik

Donasi ASN Sasar 426 Balita Stunting di Jatinegara Kabupaten Tegal, Bupati: Progresnya Sangat Baik

MENINJAU - Bupati Tegal Umi Azizah saat meninjau penyaluran donasi ASN melalui program Rames Saceting di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, baru-baru ini.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

PMT ini dipusatkan di dua lokasi, yakni di Desa Lebakwangi Kecamatan Jatinegara dan Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Turunkan Angka Stunting Kota Tegal, Ini Cara yang Dipakai Kelurahan Panggung

Bupati menjelaskan, sumber dana PMT ini berasal dari gerakan Rames Saceting atau rame rame sakabehane ASN (aparatur sipip negara) cegah stunting.

Gerakan ini merupakan bentuk kepedulian berupa donasi ASN di lingkungan Pemkab Tegal untuk mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tegal. Gerakan ini juga difasilitasi oleh TPPS Kabupaten Tegal melalui Dinas P3AP2KB selaku wakil ketua TPPS.

"Gerakan ini adalah inovasi Bapak Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) konvergensi penurunan angka stunting menuju target nasional 14 persen tahun 2024," kata Bupati Umi menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Umi juga mengimbau kepada para bapak agar mendukung upaya pencegahan stunting, utamanya bagi bapak perokok.

BACA JUGA:Cegah Stunting di Kota Tegal, Puskesmas Terjun Periksa dan Beri Vitamin Peserta Didik

Untuk mencegah stunting, hindari merokok di dekat Bumil dan anak Balita. Karena paparan asap rokok juga menyebabkan risiko stunting pada calon pengantin, ibu hamil dan balita.

"Pola asuh juga sangat berperan dalam upaya mencegah stunting. Berikan edukasi kepada orang tua untuk memberikan asupan gizi yang baik dan seimbang pada anak balita, sehingga anak akan tumbuh kembang dengan baik," kata Umi menjelaskan. 

Bumil kekurangan energi kronis

Sementara itu, selain balita stunting, ibu hamil (bumil) di Kecamatan Jatinegara tersebut juga mengalami kekurangan energi kronis (KEK). Jumlahnya mencapai 122 orang atau sekitar 12,8 persen dari 952 bumil di Jatinegara.

Camat Jatinegara Abdul Hopir membeberkan hal itu, saat peninjauan aksi Rames Saceting (rame-rame sakabehane ASN cegah stunting) oleh Bupati Tegal Umi Azizah.

BACA JUGA:Dorong Penurunan Angka Stunting, Pemkot Tegal Ujicobakan BKB HIU di Salah Satu Kelurahan

Abdul Hopir menjelaskan, dari 122 orang itu, yang ditetapkan menjadi sasaran penerima manfaat gerakan Rames Saceting sebanyak 29 bumil. Sedangkan 23 orang kondisinya semakin baik, ada kenaikan lingkar lengan atas. Kemudian 16 orang dinyatakan terbebas dari KEK. Sementara 23 orang bumil sisanya masih mengalami KEK.

“Gerakan Rames Saceting di Jatinegara ini sudah berjalan sejak Juli sampai sekarang, dengan total donasi yang terkumpul dari ASN sebanyak Rp25,9 juta. Donasi ini kita salurkan dalam bentuk makanan olahan telor dan susu selama 14 hari berturut-turut setiap bulannya,” kata Abdul Hopir.

Sumber: