Dorong Penurunan Angka Stunting, Pemkot Tegal Ujicobakan BKB HIU di Salah Satu Kelurahan

Dorong Penurunan Angka Stunting, Pemkot Tegal Ujicobakan BKB HIU di Salah Satu Kelurahan

Upaya penurunan angka stunting di kota Tegal--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal terus berkomitmen menurunkan angka stunting hingga di bawah 10 persen. Salah satu program yang dilakukan yakni Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Unggulan (BKB-HIU).

Program untuk mendorong penurunan angka stunting itu akan di terapkan di BKB Kartini, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal sebagai percontohan. 

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, M Afin mengatakan program tersebut yakni mengintegrasikan program Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu dan Pos PAUD. Tujuannya, untuk berlangsungnya pengasuhan positif ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan untuk penurunan angka stunting.

Afin menyebut, layanan BKB HIU meliputi beberapa program. Antara lain administrasi kependudukan dan pemilikan jaminan kesehatan, pengasuhan atau parenting bersama, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan.

"Selanjutnya, ada pembentukan karakter anak, promotif preventif pemeliharaan kesehatan, gizi dan perlindungan anak. Serta rujukan atau konseling atau perawatan atau bansos,"tandasnya. 

Afin mengungkapkan, di wilayah Kelurahan Kraton terdapat 15 posyandu, 4 Pos PAUD dan 2 BKB. Nantinya, hal itu akan diintegrasikan untuk bergerak bersama guna memantau tumbuh kembang anak.

"Kami berharap, BKB Kartini dapat maksimal. Dengan mewujudkan penurunan angka stunting di Kelurahan Karton, sebanyak 50 kasus,"tandasnya. 

Afin menambahkan, penanganan stunting tidak lepas dari peran serta pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi dan media atau disebut pentahelix. Karenanya, butuh komitmen dan keseriusan bersama untuk bergerak. ***

Sumber: